EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DAN METODE TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA ( Studi Pada Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Wagir )

Main Article Content

Alfiana Ike Kusumawati
Sulistyo sulistyo
Lilik Sri Hariani

Abstract

Metode Diskusi cara penyajian pelajaran, siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang biasa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis. Metode talking stick metode yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar di kelas melalui permainan tongkat . Prestasi belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah siswa menerima pengalaman belajar dalam pembelajaran. Kemandirian belajar adalah aktivitas belajar yang berlangsungnya lebih didorong oleh kemauan sendiri, pilihan sendiri dan tanggung jawab sendiri.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode diskusi terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui efektivitas metode talking stick terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui pengaruh metode diskusi terhadap kemandirian belajar dan untuk mengetahui pengaruh metode talking stick terhadap kemandirian belajar dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan metode diskusi dan metode talking stick terhadap kemandirian belajar.

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wagir dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre experimental dengan desain One Group Pretest and Postest Design dan instrumen yang digunakan nilai pretest dan postest,angket, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 22.00 for windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi efekftif terhadap prestasi belajar. Metode talking stick menunjukkan efektif terhadap prestasi belajar. Metode diskusi memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar. Metode talking stick memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar. Secara simultan metode diskusi, metode talking stick, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar.

Article Details

How to Cite
Kusumawati, A. I., sulistyo, S., & Hariani, L. S. (2016). EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DAN METODE TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA ( Studi Pada Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Wagir ). Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1315
Section
Articles