PENGARUH IKLIM KERJA, PELATIHAN, DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI SMPN 1 WAGIR

Main Article Content

Nita Dwi Kesuma
Vinus Maulina
Sulistyo Sulistyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim kerja, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di SMPN 1 Wagir baik secara parsial maupun simultan. Rancangan penelitian ini menggunakan eksplanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMPN 1 Wagir yang berjumlah 41 guru. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling atau sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket yang dikembangkan dari variabel iklim kerja (X1), pelatihan (X2), pengalaman mengajar (X3), dan profesionalisme guru (Y). Analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh iklim kerja terhadap profesionalisme guru sebesar 2,546; (2) terdapat pengaruh pelatihan terhadap profesionalisme guru sebesar 4,712; (3) terdapat pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sebesar 4,890; (4) terdapat pengaruh iklim kerja, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sebesar 14,159. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh iklim kerja, pelatihan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru di SMPN 1 Wagir.

Article Details

How to Cite
Kesuma, N. D., Maulina, V., & Sulistyo, S. (2016). PENGARUH IKLIM KERJA, PELATIHAN, DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU DI SMPN 1 WAGIR. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1335
Section
Articles