PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PELAJARAN IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NU BULAWANG MALANG

Main Article Content

Seroja Bakti Ning Rahayu
Rusno Rusno
Vinus Maulina

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk menganalisis pengaruh keterampilan dasar mengajar guru terhadap tingkat pemahaman konsep siswa. (2) Untuk menganilisis pengaruh kebiasaan belajar terhadap tingkat pemahaman konsep siswa. (3) Untuk menganalisis secara simultan pengaruh keterampilan dasar mengajar guru, dan kebiasaan belajar siswa terhadap tingkat pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP NU Bululawang Malang.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP NU Bululawang yang berjumlah 110 siswa dari 5 kelas. Teknik yang dipergunakan dalam pengambilan sampel ini adalah proporsional random sampling sehingga diperoleh 55 siswa yang akan digunakan sebagai sample. Variabel dalam penelitian ini adalah : keterampilan dasar mengajar guru, dan kebiasaan belajar sebagai variabel bebas serta pemahaman konsep siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan data yang dipergunakan di dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner dan tes. Teknik analisis yang dipergunakan di dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan uji asumsi klasik.

Hasil pengujian dengan menggunkan SPSS for windows versi 16, dapat diketahui bahwa variabel bebas yang meliputi keterampilan dasar mengajar guru dan kebiasaan belajar siswa baik secara parsial maupun simultan dapat berpengaruh terhadap variabel terikat yakni pemahaman konsep siswa pada materi mata pelajaran IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP NU Bulawang Malang.

Article Details

How to Cite
Rahayu, S. B. N., Rusno, R., & Maulina, V. (2016). PENGARUH KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PELAJARAN IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NU BULAWANG MALANG. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1340
Section
Articles