PENGARUH TEORI PEMBIASAAN PERILAKU RESPON (OPERANT CONDITIONING) KECERDASAN INTRAPERSONAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP KECAKAPAN AKADEMIK (ACADEMIC SKILL) DI SMK NU BULULAWANG MALANG (Studi Pada Siswa Kelas X AK SMK NU Bululawang)

Main Article Content

Virginia Eka Contesa
Sulistyo Sulistyo
Affan Afian

Abstract

Berdasarkan penelitian studi Blazely dkk (1977) melaporkan bahwa pembelajaran di sekolah cenderung sangat teoritik dan tidak terkait dengan lingkungan dimana tempat mereka berbeda. Akibatnya peserta didik tidak mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah guna memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Teori Pembiasaan Perilaku Respon (2) Kecerdasan Intrapersonal (3) Perilaku Belajar, (4) Kecakapan Akademik di SMK NU Bululawang Malang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto, sehingga data-datanya diperoleh melalui kuesioner atau dokumen yang relevan dengan penelitian tersebut. Sampel terdiri dari 34 siswa kelas XI IPS, teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.00 for windows.

Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial Teori Pembiasaan Perilaku Respon terhadap kecakapan akademik siswa kelas X AK SMK NU Bululawang. (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan kecerdasan intrapersonal terhadap kecakapan akademik siswa kelas X AK SMK NU Bululawang. (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan perilaku belajar terhadap kecakapan akademik siswa kelas X AK SMK NU Buluawang. (4) . Tidak ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara Teori pembiasaan perilaku respon, kecerdasan intrapersonal, dan perilaku belajar terhadap kecakapan akademik siswa kelas X AK SMK NU Bululawang. Hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 1.252 dengan tingkat signifikansi 0,309> 0,05, maka dapat dikatakan bahwa teori pembiasaan perilaku respon (X1), kecerdasan intrapersonal (X2), dan perilaku belajar (X3) tidak ada pengaruh secara simultan terhadap kecakapan akademik siswa kelas X AK SMK NU Bululawang (Y).

Article Details

How to Cite
Contesa, V. E., Sulistyo, S., & Afian, A. (2016). PENGARUH TEORI PEMBIASAAN PERILAKU RESPON (OPERANT CONDITIONING) KECERDASAN INTRAPERSONAL, DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP KECAKAPAN AKADEMIK (ACADEMIC SKILL) DI SMK NU BULULAWANG MALANG (Studi Pada Siswa Kelas X AK SMK NU Bululawang). Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1345
Section
Articles