PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS, PELAYANAN ADMINISTRASI, DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMK INDUSTRI NGORO.

Main Article Content

Yiyin Dwi Arista
Rusno Rusno
Aziz Mustofa

Abstract

Sekolah merupakan tempat untuk belajar. Salah satu indikator keberhasilan siswa dalam belajar dapat ditunjukan dengan tingkat partisipasi siswa banyak faktor yang mempengaruhi partisipasi siswa diantaranya ketersediaan fasilitas, pelayanan administrasi, dan kreativitas guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh ketersediaan fasilitas terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto. (2) pengaruh pelayanan administrasi terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto. (3) pengaruh kreativitas guru terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto. (4) pengaruh ketersediaan fasilitas, pelayanan administrasi, dan kreativitas guru terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto..

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 yang berjumlah 70 siswa. Semua siswa kelas 2 dijadikan objek penelitian. Analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22 for windows agar hasil yang diperoleh lebih akurat.

Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel X1 (ketersediaan fasilitas) secara parsial tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi siswa, variabel X2 (pelayanan administrasi) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi siswa, variable X3 (kreativitas guru) secara parsial tidak ada pengaruh yang siknifikan terhadap partisipasi siswa. serta terdapat pengaruh yang secara simultan antara ketersediaan fasilitas, pelayanan administrasi, dan kreativitas guru terhadap paertisipasi siswa dalam proses pembelajaran di SMK Industri Ngoro Mojokerto

Berdasarkan hasil penelitian ini, tidak ada pengaruh antara ketersediaan fasilitas terhadap partisipasi siswa maka sekolah disarankan agar melakukan evaluasi, memperbaiki pemberian fasilitas kepada siswa. Pelayanan administrasi mempunyai pengaruh yang siknifikan terhadap partisipasi siswa agar terus memberikan pelayanan yang baik kepada siswa, dan kreativitas guru tidak berpengaruh terhadap partisipasi siswa diharapkan agar kreativitas guru lebih ditingkatkan..

Article Details

How to Cite
Arista, Y. D., Rusno, R., & Mustofa, A. (2016). PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS, PELAYANAN ADMINISTRASI, DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP PARTISIPASI SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMK INDUSTRI NGORO. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1398
Section
Articles