PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA, PRESTASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA SIWA SMP MA’ARIF 01 NURUL MUTTAQIN

Main Article Content

Fitrotin Nadziroh
Waluyo Edi Susanto
Riril Mardiana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan orang tua, prestasi belajar dan lingkungan belajar terhadap minat melanjutkan ke tingkat SMA pada siswa kelas IX SMP Ma’arif 01 Nurul Muttaqin Tlogowaru Malang. Setelah melakukan penelitian sesuai dengan beberapa data yang diperoleh di lapangan, maka peneliti menyimpulkan bahwa dukungan orang tua, prestasi belajar dan lingkungan belajar, ada pengaruh yang sigifikan yaitu sebesar 54,2% terhadap minat melanjutkan ke tingkat SMA.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory research (penelitian penjelasan) yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Ma’arif 01 Nurul Muttaqin Tlogowaru Malang tahun 2015. Sampel yang diambil ada sampel jenuh, jadi populasi dan sampel dalam penelitian ini jumlahnya sama sebesar 74 responden.

 Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda. Perhitungan analisis regresi berganda tersebut dilakukan dengan bantuan sofware SPSS seri 22.0 for windows. Perhitungan yang telah dilakukan terhadap data penelitian menghasilkan persamaan regresi linier berganda Y = 0,668 + 0,668 X1 + 0,195 X2 + 0, 128 X3. Persamaan regeresi tersebut memenuhi uji-uji yang ditentukan sehingga dapat dipakai untuk prediksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel baik itu dukungan orang tua, prestasi belajar dan lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke tingkat SMA, sedangkan untuk penelitian masing-masing variabel bebas, juga terhadap pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat melanjutkan ke tingkat SMA. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masing-masing variabel bebas baik itu dukungan orang tua, prestasi belajar dan lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan ke tingkat SMA.

 

Article Details

How to Cite
Nadziroh, F., Susanto, W. E., & Mardiana, R. (2016). PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA, PRESTASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN KE TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA SIWA SMP MA’ARIF 01 NURUL MUTTAQIN. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1400
Section
Articles