PENGARUH KONTRIBUSI EDUKATIF ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Pada Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Sutojayan)

Main Article Content

Riris Fariz Fahruri
Vinus Maulina
Auliana Farabanie Al Arsy

Abstract

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 “Standar Penilaian Pendidikan Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Menteri Pendidikan Nasionalâ€. Penilaian hasil belajar peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan berdasarkan standar penilaian pendidikan yang berlaku secara nasional. Hasil belajar yang maksimal merupakan tujuan dari proses belajar yang dipengaruhi oleh banyak faktor seperti (1) kontribusi edukatif orang tua merupakan pusat pendidikan yang pertama dan utama bagi anak, orang tua dikatakan sebagai pendidikan yang pertama karena orang tua yang pertama mendidik anak sejak dilahirkan, dikatakan sebagai pendidik utama karena pendidikan yang diberikan orang tua merupakan dasar dan sangat ditentukan bagi perkembangan anak selanjutnya. (2) Motivasi belajar yang menjadi dasar penggerak bagi siswa dalam melakukan aktifitas-aktifitas belajar. Dan yang (3) adalah kreativitas siswa yang merupakan kemampuan membuat kombinasi atau unsur dalam belajar. Siswa yang kreatif dalam belajar akan mampu menemukan banyak cara baru untuk belajar sehingga semakin kreatif dan mampu meningkatkan hasil belajar yang diinginkan.

Berdasarkan observasi  yang dilakukan oleh peneliti terhadap objek penelitian menemukan bahwa setiap siswa kelas VII mendapatkan kontribusi edukatif orang tua yang berbeda, memiliki motivasi belajar yang berbeda-beda serta memiliki tingkat kreativitas dalam belajar yang berbeda-beda. Inilah yang melatar belakangi peneliti mengangkat skripsi dengan tema Pengaruh Kontribusi Edukatif Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar.

Dalam penelitian ini metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan  analisis regresi  linier berganda, dengan populasi sebanyak 75 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas VII A, 39 siswa Kelas VII B. Data kontribusi edukatif orang tua, motivasi belajar, dan kreativitas siswa dikumpulkan melalui angket. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dari dokumen berupa nilai Ujian Akhir Semester.

Persamaan garis tersebut memenuhi uji-uji yang telah ditentukan sehingga dapat dipakai untuk prediksi dan generalisasi. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui bahwa kombinasi linier kontribusi edukatif orang tua, motivasi belajar, dan kreativitas siswa berpengaruh terhadap hasil belajar, baik pengaruh secara sendiri-sendiri (parsial) maupun pengaruh secara bersama-sama (simultan). Sedangkan analisis signifikansi masing-masing dari keempat variabel prediktor ini mendapatkan bahwa kontribusi edukatif orang tua, motivasi belajar, dan kreativitas siswa masing-masing berpengaruh terhadap hasil belajar.

Article Details

How to Cite
Fahruri, R. F., Maulina, V., & Al Arsy, A. F. (2016). PENGARUH KONTRIBUSI EDUKATIF ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Pada Siswa Kelas VII MTs Miftahul Ulum Sutojayan). Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1404
Section
Articles