Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri

Main Article Content

Sita Rahmadiyani
Lilik Sri Hariani
Udik Yudiono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi profesi guru, Pengenalan Lapangan Persekolhan (PLP) dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang angkatan 2016 dan 2017 dengan jumlah 62 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini dengan mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian atau dinakaman dengan teknik sampel populasi. Metode pengumpulan data berupa angket atau kuisioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan persepsi profesi guru, Pengenlan Lapangan Persekolahan (PLP) dan efikasi diri berpengaruh terhadap minat menjadi guru. Secara parsial, persepsi profesi guru tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru. Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru. Efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru.

Article Details

How to Cite
Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. urnal iset endidikan konomi, 5(1), 10–23. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4304
Section
Articles

References

Aini, Eka Nur. 2018. Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi Terhadap Miant Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA. Jurnal Pendidikan Ekonomi Manajemen Keuangan. (Online), 2 (2): 83-96, diakses 2 November 2018.

Aglazor, Genevieve. 2017. The Role of Teaching Practice in Teacher Education Programmers: Designing Framework for Best Practice. Global Journal Education Research, (Online), 16: 101-110. (http://dx.dol.org/10.4314/gjedr.v1612.4), diakses 8 November 2019.

Ardyani, Anis dan Lyna Latifah. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal Online. (Online), 3 (2): 2014, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj), diakses 30 November 2019.

Ajzen, Icek. 1991. Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes50. University of Massachusetts at Amsherst.

Aurah, Catherine M. 2013. The Effects of Self-Efficacy Beliefs and Metacognition on Academic Performance: A Mixed Method Study. American Journal of Education Research, (Online), 1 (8): 334-343, (http://pubs.sciepub.com/education/1/8/11), diakses 8 November 2019.

Bergmark, Ulrika, Stefan Lundstrom, Lena Manderstedt and Annbritt Palo. 2018. Why Become A Teacher? Student Teachers’ Perceptions of the Teaching Profession and Motives for Career Choice. Europan Journal of Teacher Education, (Online), (https://doi.org/10.1080/02619768.2018.1448784), diakses 8 November 2019.

Eren, Altay. 2012. Prospective Teachers’ Interest in Teaching, Professional Plans about Teaching and Career Choice Satisfaction: A Relevant Framework. Australian J ournal of Education, (Online), 56 (3): 303-318, (DOI: 10.1177/000494411205600308), diakses 8 November 2019.

H.J., Nenty, Moyo, Sello dan Phuti, Fuji. 2015. The Effects of Self-Efficacy Beliefs and Metacognition on Academic Performance: A Mixed Method Study. American Journal of Education Research, (Online), 1 (8): 334-343, DOI: (10.12691/education-1-8-11), diakses 8 November 2019.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hidayat, Yayan. 2017. Pengaruh Pembelajaran Mikro (Microteaching) dan Program Pengalaman Lapangan Terhadap Minat Menjadi Guru. (Online). Makasar: Universitas Negeri Makassar. (Online), (http://eprints.unm.ac.id/15190/1/Yayan%20Hidayat%201222040035.pdf), diakses 24 Oktober 2019.

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan (Edisi Pertama). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ghufron,M.N. & Suminta, R.R. 2014. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

King, Laura A. 2010. Psikologi Umum. (Alih Bahasa: Brian Marwendys). Jakarta: Salemba Humanika.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2011. Taksonomi Berfikir. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Praktik Lapangan. 2019. Buku Pedoman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Malang: LP3L Universitas Kanjuruhan Malang.

Mulyana, Agus dan Indarto Waluyo. 2016. Pengaruh Persepsi Tentang Profesi Guru dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi, (Online), 5 (8), (http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kpai/article/view/5807), diakses 20 Desember 2019.

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ormrod., J.E. 2011. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 87 Tahun 2013 tentang Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (Online), (https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/11/permen_tahun2013_nomor87.pdf), diakses 13 Februari 2020.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, Novita, Trisno Martono dan Sri Wahyuni. 2017. Pengaruh Pembelajaran Microteaching dan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, (Online), 3 (2). (https://jurnal.uns.ac.id/bise/article/view/16548), di akses 25 Oktober 2019.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 & Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2014 tentang Guru dan Dosen. 2015. Bandung: Citra Umbara

Wahyu, Prayoga Ramadhan. 2019. Pengaruh Efikasi Diri dan Pengalaman Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) Terhadap Minat Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). (Online), (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/article/view/82981/0), diakses 3 Desember 2019

Wahyuni, Desti dan Redianan Setiyani. 2017. Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, (Online), 6 (3): 669-682, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj). Di akses Oktober 2017.

Wibowo, Mungin Eddy. 2012. Menyiapkan Bangkitnya Generasi Emas Indonesia. Guru Besar Universitas Negeri Semarang. (Online), (https://eprints.umk.ac.id/1042/2/1_-_Prof._Mungin.pdf), diakses 17 Februari 2020