Interpersonal Intelegensi, Belajar Kelompok Dan Pemanfaatan Internet Terhadap Matapelajaran Ekonomi
Main Article Content
Abstract
Hasil belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku pada siswa setelah siswa melakukan proses belajar disekolah, hasil belajar bisa berupa nilah dan prestasi yang didapatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengaruh interpersonal intelegensi, belajar kelompok, dan pemanfaatan internet terhadap hasil belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto dengan mengunakan regresi linear berganda. Populasi adalah siswa kelas XI IPS SMA N 10 Malang yang berjumlah 144 siswa. Sampel sebanyak 72 siswa yang di ambil mengunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara brsama-sama interpersonal intelegensi, belajar kelompok, dan pemanfaatan internet berpengaruh terhadap hasil belajar. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan Interpersonal intelegensi secara parsial terhadap hasil belajar. Terdapat pengaruh belajarkelompok terhadap hasil belajar. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan internet secara parsial terhadap hasil belajar.
Article Details
Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher.
References
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Satuan Pendidikan Praktik. Jakarta PT RINEKA CIPTA
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2011. Pengantar Psikologi Inteligensi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cepi Safrudin & Jabar. (2010). Mengenal Komputer. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Kadek Sukiati Arini. 2011. Pengaruh Tingkat Intelegensi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Aneka Ilmu Semarang. Universitas Semarang
Garner, Howard. 2010. The Theory of Multiple Intelligence. New York. Basic Books.
Huda, Miftahul. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muhibbin Syah.2010.Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Roestiyah N.K. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka
Rusman. 2012. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, cetakan ke - 2, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Safaria. 2010. Interpersonal Intelligence: MetodePengembanganKecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta : Amara Books.
Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Sarwoko. 2011. Strategi Tulis Artikel Jurnal Internasional. Yogyakarta:
ANDI YOGYAKARTA
Sholikah dan shaifudin. 2013. Media Komunikasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Suprijono, A.2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta. Kencana
Prenadi Media Group
Yaumi dan Ibrahim. 2013. “Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamakâ€Â. Jakarta: Prenadamedia Group
Zahid. 2013. Pengaruh Belajar Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab. Universitas Muhammadia Surakarta