Penerapan Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada Materi Hukum Newton
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10014Keywords:
Learning Cycle 5e , penguasaan konsep, hukum newtonAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui pengaruh pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap penguasaan konsep fisika mahasiswa pada materi Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttes design. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test, hasil uji independent sample t test untuk data pretest pada nilai sig (2-tailed) adalah 0,847 dan nilai ini lebih besar dari 0,05 artinya kemampuan awal penguasaan konsep kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berbeda signifikan secara statistik. Sedangkan hasil uji independent sample t test untuk data posttest nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 dan nilai ini lebih kecil dari 0,05 artinya rata-rata kemampuan akhir penguasaan konsep kelas eksperimen (75,61) dan kelas kontrol (64,61) berbeda signifikan secara statistik dengan perbedaan rata-rata sebesar 11. hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran learning cycle 5E dapat dianggap sebagai metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada materi Hukum Newton.
References
Arini,S. Haryono, dan Saputro, S. (2017).Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas Xi Mia 1 Sma Negeri 1 Banyudono Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 6(2). 161-170.
Astrina, S., Sahala, S., & Oktavianty, E. (2014). Remediasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Hukum Newton Menggunakan Jigsaw Berbantuan Booklet Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.; 3(1).
Azizah, Rismatul. Lia Yuliati dan Eny Latifah. (2015).Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 5(2). 44–50
Entino R, Hariyono E dan Lestari N A. (2021). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas pada materi Fisika pendipa.. Jurnal. Pendik. Sains, 6 (1). 77–82
Fauziah A dan Darvina Y. (2019). Analisis miskonsepsi peserta didik dalam memahami materi gerak lurus dan gerak parabola pada kelas X SMAN 1 Padang. Pillar of Physics Education, 12(1). 73-80
Ilma A Z, Budiharti R dan Ekawati E Y. (2021). Eksperimen Discovery Learning dan Problem Based Learning Ditinjau Ketekunan Belajar Siswa Materi Hukum Newton Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika., 11(1). 20–27
Januarifin D, Parno P dan Hidayat A.Kesalahan siswa SMA dalam memecahkan masalah pada materi Hukum Newton Momentum: Physics Education Journal. 2018; 2(2): 47-55.
Munfaridah N, Sutopo, Sulur dan Asim. (2017).Analisis Miskonsepsi Gerak dan Gaya Menggunakan Instrumen Force Concept Inventory (FCI) Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Lensa (Lentera Sains), 7(2). 66-75.
Nurcahyo A W. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Hukum Newton tentang Gerak Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jember melalui Pembelajaran Cooperative Problem Solving masters.(Tesis Universitas Negeri Malang).
Pertiwi C A dan Setyarsih W. (2015). Konsepsi Siswa Tentang Pengaruh Gaya pada Gerak Benda Menggunakan Instrumen Force Concept Inventory (FCI) Termodifikasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 4 (16). 2–8
Rozaqul , Muh Fadlli., Sutopo & Wartono . (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hukum Newton Muh. Jurnal Pendidikan, Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(8), 993—997
Sari A L R, Parno P dan Taufiq A. (2018).Pemahaman Konsep dan Kesulitan Siswa SMA pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3 (13) 23–30
Seven, S., Tiryaki, S., & Ceylan, H. (2017). The Effect of the 5E Learning Cycle Model and Cooperative Learning Method in the Constructivist Approach on Academic Success and Students’ Attitude towards Subject of Sound. Journal of Education, Society and.Behavioural Science, 21(4). 1–11. https://doi.org/10.9734/JESBS/2017/35152
Superni, S. (2018). Pengaruh Model Siklus Belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA. International Journal of Elementary Education, 2(2). 115–122. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14413
Sutopo .( 2016). Students’ Understanding of Fundamental Concepts of Mechanical Wave,. J. Pendidik. Indonesia, 12(1). 41–53,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi