Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon berbantuan Media Sosial Instagram Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Siswa SMP

Dyah Umyek Bagus Timur Rini, Maris Kurniawati, Sudi Dul Aji

Abstract

Pengembangan media pembelajaran Instagram Webtoon berbantuan media sosial bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kinerja belajar siswa. Sedangkan dari faktor kognitif diketahui bahwa tingginya tingkat penggunaan media sosial Instagram dan tingginya minat membaca cerita bergambar menunjukkan pengaruh minat belajar dan meningkatkan tingkat keberhasilan belajar. Fase define merupakan fase dimana siswa dianalisis melalui wawancara dan angket kebutuhan. Pendefinisian materi pembelajaran dan penyajian media pembelajaran berlangsung pada tahap desain. Pada tahap pengembangan, produk dievaluasi oleh ahli media, materi, dan bahasa, dan perbaikan dilakukan berdasarkan evaluasi ahli sebelum pengujian. Sampel uji berjumlah 53 siswa yang merupakan pengguna aktif media sosial dan pembelajaran penggunaan webtoon terkait suhu dan kalor di SMP Negeri 17 Malang dilakukan pada tahap diseminasi. Peningkatan kinerja siswa diukur dengan distribusi pretest dan posttest. Pada kategori “sedang” peningkatan kinerja belajar siswa sebesar 0,60 dan pada kategori “sangat baik” peningkatan kinerja sebesar 3,40. Berdasarkan hasil uji siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran webtoon berbantuan sosial Instagram efektif meningkatkan prestasi belajar siswa.

References

Alwan, A. A. (2011). Misconception of heat and temperature among physics students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 12, 600–614.
Annisa, S. A., Lesmono, A. D., & Yushardi, Y. (2020). Comic-Based Module Development Andro-Web to Improve Problem Solving Ability in Physics in High School Students. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 40.
Bakri, F., Hanif, F., & Rustana, C. (2021). Video Powtoon di Instagram : The belajar fisika asyik di media sosial Video Powtoon di Instagram : Belajar Fisika Kesenangan di Media Sosial. 020043, 1–6.
Diani, R., Hartati, N. S., & Email, C. A. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan 3D Pageflip Professional, 4(2), 234–244.
Hariadi, B., Sunarto, M. J. D., & Sudarmaningtyas, P. (2016). Development of Web-Based Learning Application for Generation Z. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(1), 60.
Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103
KOMINFO. (2017). Individu memiliki Smarphone. Survey Penggunaan TIK 2017, 18–19.
Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of gravity comic learning media based on gorontalo culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251.
OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Puspita, A. D., Islami, N., Nasir, M., & Fakhruddin. (2020). Development of Interactive Learning Media Based on HOTS Material Temperature and Heat. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1), 1–6.
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).
Septiani, R., Rusnayati, H., Siahaan, P., & Wijaya, A. F. C. (2018). Profil Hambatan Balajar Epistimologis Siswa Pada Materi Suhu Responden. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(1), 29–34.
Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(1), 17.
Siwi, M. K., Syofyan, R., & Hayati, A. F. (2018). Pengembangan Webtoon sebagai Media Pembelajaran Micro Teaching di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Pakar Pendidikan, 16(1), 47–59.
Skills, H. (2021). J urnal P endidikan F isika T adulako O nline SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS PESERTA DIDIK SMA Developing a Physics Instructional Toolkit Based on Scientific Approach to Improve Soft Skills and Hard Skills. 9(April), 89–98.
Alwan, A. A. (2011). Misconception of heat and temperature among physics students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 12, 600–614.
Annisa, S. A., Lesmono, A. D., & Yushardi, Y. (2020). Comic-Based Module Development Andro-Web to Improve Problem Solving Ability in Physics in High School Students. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 40.
Bakri, F., Hanif, F., & Rustana, C. (2021). Video Powtoon di Instagram : The belajar fisika asyik di media sosial Video Powtoon di Instagram : Belajar Fisika Kesenangan di Media Sosial. 020043, 1–6.
Diani, R., Hartati, N. S., & Email, C. A. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan 3D Pageflip Professional, 4(2), 234–244.
Hariadi, B., Sunarto, M. J. D., & Sudarmaningtyas, P. (2016). Development of Web-Based Learning Application for Generation Z. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 5(1), 60.
Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33–42.
KOMINFO. (2017). Individu memiliki Smarphone. Survey Penggunaan TIK 2017, 18–19.
Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of gravity comic learning media based on gorontalo culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251.
OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Puspita, A. D., Islami, N., Nasir, M., & Fakhruddin. (2020). Development of Interactive Learning Media Based on HOTS Material Temperature and Heat. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1), 1–6.
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).
Septiani, R., Rusnayati, H., Siahaan, P., & Wijaya, A. F. C. (2018). Profil Hambatan Balajar Epistimologis Siswa Pada Materi Suhu Responden. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(1), 29–34.
Sherlyanita, A. K., & Rakhmawati, N. A. (2016). Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 2(1), 17.
Siwi, M. K., Syofyan, R., & Hayati, A. F. (2018). Pengembangan Webtoon sebagai Media Pembelajaran Micro Teaching di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Pakar Pendidikan, 16(1), 47–59.
Skills, H. (2021). J urnal P endidikan F isika T adulako O nline SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS PESERTA DIDIK SMA Developing a Physics Instructional Toolkit Based on Scientific Approach to Improve Soft Skills and Hard Skills. 9(April), 89–98.

Authors

Dyah Umyek Bagus Timur Rini
Maris Kurniawati
maris@unikama.ac.id (Primary Contact)
Sudi Dul Aji
Rini, D. U. B. T., Kurniawati, M., & Aji, S. D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon berbantuan Media Sosial Instagram Pada Materi Suhu dan Kalor Untuk Siswa SMP. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 6(2), 125–131. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10181

Article Details

Most read articles by the same author(s)