Studi Literatur Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Pada Peningkatan Motivasi Belajar Siswa

Studi Literatur Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Pada Peningkatan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Rofifah Widara a:1:{s:5:"en_US";s:25:"Universitas Negeri Padang";}

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.10254

Keywords:

Model Inkuiri, Sains, Motivasi Belajar

Abstract

Salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki siswa dalam proses pembelajaran adalah motivasi belajar, khususnya pembelajaran sains. Satu dari banyak cara meningkatkan motivasi belajar ialah dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif seperti model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan studi literatur yang akan mengkaji terkait penerapan model inkuiri dalam pembelajaran sains, dan dianalisis bagaimana motivasi belajar siswa dengan belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri tersebut pada artikel-artikel penelitian terdahulu yang berjumlah 40 artikel yang didapatkan dari situs Google Scholar dan juga berbantuan software Publish or Perish. Berdasarkan hasil studi literatur diketahui bahwa motivasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas mengalami peningkatan yang signifikan, kenaikan ini secara konsisten terlihat, menunjukkan bahwa model inkuiri efektif terhadap upaya peningkatan motivasi belajar siswa khususnya pada pelajaran sains atau ilmu pengetahuan alam.

References

Andrianis, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gelombang. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(2), 39–46.

Asis, I. A., Khaeruddin, & Haris, A. (2021). Kajian Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 17(1), 1–10.

Astuti, S. N. (2021). Application Of Inquiry Model To Increase Student Learning Motivation In Elementary School Science Lessons. SHEs: Conference Series, 4(6), 604–609.

Azizah, N. N., Indrawati, & Ahmad, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri disertai Media Pictorial Riddle pada Materi Kalor dan Perpindahannya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 7(1), 9–18.

Chabibah, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. EDUMASPUL : Jurnal Pendidikan, 5(1), 279–286.

Dani, R., Murniati, & Evendi. (2021). Application of the Guided Inquiry Model to Improve Student’s Motivation and Creativity. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 642–650.

Daniswara, A. G., Ningsih, K., & Ariyati, E. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal UNTAN, 8(11), 221–229.

Dewayanti, M. S., Yuniastuti, A., & Prasetyo, A. P. B. (2015). Pengaruh Model Guided Inquiry Berbantuan Fishbone Diagram terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 4(2), 220–224.

Faizzah, U. N., Indrawati, & Budiarso, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Pancasakti Science Education Journal, 7(1), 1–8.

Furmanti, T., & Hasan, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis , Motivasi dan Keaktifan Siswa di SMP N 5 Seluma. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–9.

Halimah, S. N., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2015). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 4(3), 997–1010.

Hanifah, U., Wulandari, I., & Syarifatul, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Pola Bilangan. JURNAL EDUMATIC, 5(1), 64–71.

Harni. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya di SD Negeri 2 Uebone. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(2), 181–189.

Hermayani, A. Z., Dwiastuti, S., & Marjono. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 79–85.

Istiyova, L. R., Dwiastuti, S., & Santosa, S. (2022). The Influence of Guided Inquiry Learning Model Combined with Brainstorming Activities on Critical Thinking Ability and Student Learning Motivation. ICONIC RESEARCH AND ENGINEERING JOURNALS, 6(3), 9–15.

Kasimuddin, M. S., Ali, S., & Helmi. (2024). Hubungan antara Motivasi dan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 9 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 20(1), 84–92.

Kii, O. A., Jufriadi, A., & Pranata, K. B. (2021). Penerapan Inkuiri Terbimbing terhadap Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Fisika. Jurnal Terapan Sains & Teknologi Fakultas Sains Dan Teknologi, 3(1), 18–25.

Krisnayanti, N. K. E., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Positive Influence of Guided Inquiry Model Integrated with Tri Hita Karana on Learning Motivation and Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(2), 101–113.

Lori, A. R., & Lestari, P. B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dipadukan dengan Mind Mapping Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP 2 YPK Malang. Edubiotik, 2(1), 23–29.

Maisarah, S., Adlim, & Yusrizal. (2015). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 03(01), 218–229.

Masniah, M. (2021). Penerapan Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Gaya Dan Hukum Newton Terhadap Siswa SMP Negeri 2 Tanete Riaja Kabupaten Barru. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 80–91.

Meliza, W., Nurmaliza, Syiarah, H., & Agustin, S. (2021). Analisis Hubungan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Medan Magnet Kelas XII IPA SMAN 6 Muaro Jambi. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 17(1), 31–39.

Molan, A. P., Jufriadi, A., & Pratiwi, H. Y. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Peer Tutorial. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(4), 67–72.

Mulyani, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning dalam Pembelajaran IPA tentang Kemagnetan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education, Administration, Training, and Religion, 4(1), 9–26.

Mustika, E. N. (2021). Application of Inquiry Learning Model to Increase Motivation and Learning Outcomes of Grade IX Students at MTsN 3 West Aceh. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 444–451.

Najwa, A. N. V., Wiharto, M., & Adnan. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Setting Eksperimen Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMAN 7 Soppeng The Effect of the Inquiry Learning Model in an Experimental Setting on the Learning Motivation of Students of SMAN 7 Soppeng. Prosiding Seminar Nasional Biologi: Inovasi Sains & Pembelajarannya, 11(1).

Nisa, C. C., & Dyah Astriani. (2022). Application of The Guided Inquiry Learning Model to Increase Student Learning Motivation. Jurnal Pijar MIPA, 17(4), 475–479.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran : Sesuai Kurikulum 2013. Nizamial Learning Center.

Nursani, N. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiri) pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Batang. Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 5(1), 1–12.

Padallingan, Y., Lolotandung, R., & Tulak, T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran IPA Tema 9 Kayanya Negeriku di SDN 4 Tallunglipu. EDUMASPUL : Jurnal Pendidikan, 6(1), 1317–1323.

Parnawi, A. (2019). Psikologi Belajar. Deepublish.

Putri Ledi, S. M., Sholikhan, & Jufriadi, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Pada Materi Gerak Lurus. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(2), 153–157.

Ratnaningrum, D. A., Chamisijatin, L., & Widodo, N. (2015). Penerapan Pembelajaran Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 2 Batu. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 2(1), 230–239.

Rohaeti, A., Sriyanti, M., & Dewi, N. R. (2023). Implementasi Model Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII E di SMP N 19 Semarang pada Materi Getaran dan Gelombang. Proceeding Seminar Nasional IPA, 600–610.

Ruli, F. F., Hala, Y., & Syamsiah. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Tana Toraja. Jurnal Biology Teaching and Learning, 1(2), 151–159.

Rustan, E. (2023). Desain Instruksional dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa. Selat Media.

Sari, M. J., & Paidi. (2023). Analysis of Students ’ Learning Motivation Using Guided Inquiry Learning Model. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6265–6271.

Selo Gu, M. K., Kaleka, M., & Ika, Y. E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 7 Nangapanda Tahun Pelajaran 2018/2019. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 1–9. https://doi.org/10.37478/optika.v3i02.327

Simamora, N. N., Kimball, D. F. J., Maulana, R. C. D., & Sunarmi, N. (2024). The Influence of a Guided Inquiry Learning Model on Student Motivation and Learning Outcomes on Solar System Material. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 93–103.

Suindhia, I. W. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika melalui Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Petang Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Widyadari, 21(1), 57–65.

Suryawati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Menggunakan Percobaan Virtual Lab untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika pada Materi Kalor Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 3 Banda Aceh. Serambi Akademica : Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 9(6), 979–988.

Unggasari, N. W., Rapi, N. K., & Rachmawati, D. O. (2018). Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas Xi …. Jurnal Pendidikan Fisika Unidiksha, 8(2), 65–76.

Wahida, M., Margunayasa, I. G., & Gunartha, I. W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2), 274–285.

Wartini, N. W. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Education Action Research, 5(1), 126–132.

Wiyoko, T., Guswita, R., & Rofidoh. (2023). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Di Kelas V Sekolah Dasar. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika), 1–9.

Zuhripah, U. (2018). Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1), 82–89.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Widara, R. (2025). Studi Literatur Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Pada Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 7(1), 50–57. https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.10254

Issue

Section

Articles
Loading...