Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK melalui Model Project Based Learning

Authors

  • Muhammad Ilham STKIP Taman Siswa Bima
  • Arif Rahman Hakim STKIP Taman Siswa Bima
  • Ahyar STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10358

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar tinggi merupakan indikator yang menunjukkan bahwa siswa berhasil dalam memahami dan menguasai materi yang diajarkan. Hasil observasi di kelas X TKJ SMKS Amanah Madapangga pada matapelajaran komputer dan jaringan dasar menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 57,06 sedangkan standar KKM yaitu 70. Penyebabnya adalah siswa masih kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru melalui model pembelajaran konvensional yang diterapkan. Model tersebut jarang melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran sehingga kurang memberikan pengalaman belajar pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model project based learning. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas X TKJ yang berjumlah 17 siswa. Kondisi awal diberikan pre-test untuk mengukur pemahaman siswa sebelum menerapkan model PjBL, diperoleh data bahwa hanya 6 orang yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan 35%. Pada siklus I menggunakan model PjBL terjadi peningkatan sebanyak 11 siswa dinyatakan tuntas dengan persentase ketuntasan 65%. Dan pada siklus II meningkat sebanyak 15 siswa tuntas belajar dengan persentase ketuntasan 88%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada matapelajaran komputer dan jaringan dasar

References

Hairunisa, H., Arif Rahman Hakim, & Nurjumiati, N. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 9(2), 93-96. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.190

Hairunisa & Hakim, A. R. (2019). Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Seminar Nasional Taman Siswa Bima. Hal. 142-146

Hakim, A., Hairunisa, H., & Abd. Haris, A. H. (2021). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 4(2), 10 - 13. https://doi.org/10.33627/ge.v4i2.650

Hakim, A. R., & Hairunisa, H. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Pembelajaran Tematik di SDN Inpres Lewidewa. Madaniya, 3(3), 606-613.

https://doi.org/10.53696/27214834.254

Munawaroh A, Christijanti W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Pencernaan SMP. Journal of Biology Education. May 29;2(1).

Nuryati, D.W, & Masitoh, S. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik di Masa Pandemi. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 5, Nomor 2, Hal. 98-106.

Sari, E. A., & Utami, R. W. . (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN 1 SINDANGRASA. Jurnal Intisabi, 1(1), 41–49.

https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.5

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wensi, dkk. (2022) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Komputer dan Jaringan Dasar Siswa SMK. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2(6), 806-814

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Ilham, M., Hakim, A. R., & Ahyar. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK melalui Model Project Based Learning. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(2), 164–172. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.10358

Issue

Section

Articles