Powerpoint Kontrol dengan Gesture Detection Menggunakan Metode Optical Flow Lucas-Kanade
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.10835Keywords:
computer vision, gesture detection, opticalflow lucas-kanade, powerpointAbstract
Penggunaan peralatan seperti keyboard, mouse perlu membutuhkan
kontak fisik untuk melakukan kontrol terutama pada aktivitas pembelajaran di kelas.
Salah satu pada implementasi penelitian ini menggunakan teknologi computer vision
yaitu untuk deteksi gesture tangan yang mampu mengontrol slide pada software
powerpoint. Sehingga presentator dapat melakukan presentasi tanpa harus ada kontak
langsung dengan perangkat laptop. Metode yang digunakan untuk proses deteksi
gesture tangan yaitu OpticalFlow Lucas-Kanade, metode ini digunakan untuk
mendeteksi pola pergerakan objek gambar antara dua frame berturut-turut yang
disebabkan oleh objek atau kamera. Pada penelitian ini dihasilkan output berupa
aplikasi desktop dengan ekstensi .exe. Kemudian dilakukan pengujian akurasi deteksi
gestur tangan pada saat kontrol powerpoint dengan menggunakan 2 skenario,
didapatkan hasil nilai akurasi 95% dari 20 kali percobaan melakukan deteksi gestur
tangan untuk menampilkan previous slide dan next slide pada powerpoint. Dengan
didapatkan nilai akurasi tersebut maka dapat disimpulkan sistem dapat berjalan dengan
sangat baik dalam proses deteksi gestur tangan untuk kontrol slide powerpoint
menggunakan metode Optical Flow Lucas-Kanade.
References
Abidafi, M. (2020). Deteksi Jarak Perpindahan Manusia Menggunakan Deteksi Optical Flow Berbasis Video Offline. https://dspace.uii.ac.id/123456789/30379
Alvin, A., Shabrina, N. H., Ryo, A., & Christian, E. (2021). Hand Gesture Detection for Sign Language using Neural Network with Mediapipe. Ultima Computing : Jurnal Sistem Komputer, 13(2), 57–62. https://doi.org/10.31937/sk.v13i2.2109
Assaffat, L. (2022). Perancangan Sistem Informasi Kehadiran Mahasiswa Menggunakan Fingerprint Dan PHP di Program Studi Informatika Universitas Muhammadiyah Semarang. Jurnal Publikasi Ilmu Komputer Dan Multimedia, 1(2), 171–180. https://doi.org/10.55606/jupikom.v1i2.726
Galus, S. S., & Arifin, S. (2021). Kesiapan Sekolah Dalam Pengelolaan Model Pembelajaran Hybrid Learning Di SMA Kota Gorontalo. Student Journal of Educational Management, 1(2), 41–55.
Harmayani, & Simamora, P. (2023). Interaksi Manusia dan Komputer dalam Ilmu Filsafat. Jurnal Deli Sains Informatika, 2(2), 5. https://jurnal.unds.ac.id/index.php/dsi/article/view/199/199
Hoque, M. (2023). How to Evaluate An Image Classification Model. https://medium.com/@minh.hoque/how-to-evaluate-an-image-classification-model-c642ea224977
Prananta, G. B., Azzikri, H. A., & Rozikin, C. (2023). Deteksi dan Pengenalan Gesture Tangan Secara Real-Time Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan Konvolusional. Methodika, 9(2), 30–34. https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/methodika/article/view/1911/1578
Rahmad, C., Prasetyo, A., & Baqy, R. A. (2022). PowerPoint slideshow navigation control with hand gestures using Hidden Markov Model method. Matrix : Jurnal Manajemen Teknologi Dan Informatika, 12(1), 7–18. https://doi.org/10.31940/matrix.v12i1.7-18
Supriyatin, W. (2019). Analisis Perbandingan Pelacakan Objek Menggunakan Optical Flow Dan Background Estimation Pada Kamera Bergerak. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(3), 191–199. https://doi.org/10.33096/ilkom.v11i3.452.191-199
Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan Model Hybrid Learning. Indonesian Journal of Educational Development, 2(November 2021), 292–297.
Zulaicha, D. F., Safitri, T., Istiqomah, I. A., Ro’is, A. N., Rahmadini, A. L., & Dayu, D. P. K. (2022). Model Pembelajaran Hybrid Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran Luring Pada Kurikulum Merdeka. Sensaseda, 2(November), 240–246. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/sensaseda/article/view/2069
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi