Penguatan Kompetensi Guru SMP Kabupaten Pasuruan Melalui Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v6i4.10952Keywords:
kompetensi guru, modul ajar, kearifan lokal, guru SMP, Kabupaten PasuruanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pasuruan dalam menyusun modul ajar berbasis kearifan lokal. Pelatihan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang relevan dengan konteks budaya setempat dan mendukung pelestarian kearifan lokal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelatihan partisipatif dengan pendekatan kolaboratif, melibatkan 21 guru Matematika SMP di Kabupaten Pasuruan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengidentifikasi dan mengintegrasikan unsur-unsur kearifan lokal ke dalam modul ajar yang merupakan bagian dari kompetensi professional guru. Selain itu, modul ajar yang dihasilkan diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan materi yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari mereka. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa melalui pelatihan partisipatif dengan pendekatan kolaboratif, para guru merasa lebih percaya diri dan terampil dalam menyusun modul ajar berbasis kearifan lokal. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual dan relevan di tingkat pendidikan dasar dan menengah di Indonesia.
References
Aji, K., & Rahayu, E. T. (2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Aktivitas Pengembangan Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), Article 6. https://doi.org/10.5281/zenodo.7781785
Alomari, A. Y., & Alarfaj, A. A. (2023). The Readiness of Teachers of Gifted Female Students toward the Application of Differentiated Education. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(9), 194–218. Scopus. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.9.11
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. Scientific Journal of Reflection : Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), Article 4. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i4.229
Astuti, E. P., Purwoko, R. Y., & Sintiya, M. W. (2019). Bentuk Etnomatematika pada Batik Adipurwo dalam Pembelajaran Pola Bilangan. Journal of Mathematics Science and Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31540/jmse.v1i2.273
Eichler, A., Ferretti, F., & Maffia, A. (2023). Cultural Values and Prospective Teachers’ Beliefs about Success in Mathematics and in Its Teaching. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 54(8), 1681–1696. https://doi.org/10.1080/0020739X.2023.2203159
Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, D. I., & Sulistyani, N. (2017). Ethnomathematica dalam Pembelajaran Matematika (Pembelajaran Bilangan dengan Media Batik Madura, Tari Khas Trenggal dan Tari Khas Madura). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4820
Fernanda, B. N., Shodikin, A., & Susanah, S. (2024). Mathematics Literacy of Middle School Students with Socio-Cultural Context Viewed from Learning Style. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 8(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol8-iss1/847
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hasanah, D. U., & Ma’ruf, A. (2022). Model Wisata Religi Masjid Cheng Hoo Pandaan sebagai Katalisator Eskplanasi Nilai-Nilai Kebudayaan Islam di. Jurnal Mu’allim, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35891/mu'allim.v4i1.2959
Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), Article 2. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3595
Lestari, P. D. J. P., Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 153–160. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160
Mahendra, I. W. E. (2016). Contextual Learning Approach and Performance Assessment in Mathematics Learning. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences, 3(3), Article 3. https://sloap.org/journals/index.php/irjmis/article/view/347
Millah, S. N., & Shodikin, A. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. UJMC (Unisda Journal of Mathematics and Computer Science), 7(1), 25–31. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/ujmc/article/view/2184
Nanggala, A., & Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10–23. https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.4545
Novianti, A., & Shodikin, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Animasi dengan Pendekatan Kontekstual dan Kearifan Lokal. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 12–18. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.20
Novitasari, S. M. N. (2021). Nilai-nilai dalam kearifan lokal kesenian tari pasuruan gumuyu di kabupaten pasuruan / Sherina Maulidia Novitasari [Diploma, Universitas Negeri Malang]. https://repository.um.ac.id/190279/
Parhusip, H. A., Purnomo, H. D., Nugroho, D. B., & Kawuryan, I. S. S. (2023). Integration of STEAM in Teaching Modern Geometry through Batik Motifs Creation with Algebraic Surfaces. International Journal for Technology in Mathematics Education, 30(1), 37–44.
Prahmana, R. C. I., & D’Ambrosio, U. (2020). Learning Geometry and Values from Patterns: Ethnomathematics on the Batik Patterns of Yogyakarta, Indonesia. Journal on Mathematics Education, 11(3), 439–456. https://eric.ed.gov/?id=EJ1294663
Putri, D. (2011). Penilaian Higiene dan Sanitasi Makanan pada Nasi Punel di Daerah Bangil, Kab Pasuruan [Skripsi, Universitas Airlangga]. http://lib.unair.ac.id
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Safitri, S. A., Sukamto, S., Towaf, S. M., & Ruja, I. N. (2022). Pelestarian Tradisi Distrikan untuk menjaga kearifan lokal di Desa Ranuklindungan Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.17977/um063v2i4p381-389
Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., Susilahati, Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.9000/jupetra.v2i1.127
Sele, Y., & Sila, V. U. R. (2022). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.36312/bjkb.v2i4.152
Setiyowati, E. P., & Arifianto, Y. A. (2020). Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.57
Shodikin, A., Susanah, S., & Masriyah, M. (2024). Teacher Readiness in Developing Teaching Modules Based on Local Wisdom: A Case Study of Junior High School Teachers in Magetan District. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 89–104. https://mathline.unwir.ac.id/index.php/Mathline/article/view/89-104
Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin. (2019). Improving Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72. https://eric.ed.gov/?id=EJ1227360
Spooner, K. (2024). Using Mathematical Modelling to Provide Students with a Contextual Learning Experience of Differential Equations. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 55(2), 565–573. https://doi.org/10.1080/0020739X.2023.2244472
Suriadi, D., & Suriadi. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Integrasi Nilai Spiritual Dalam Pendidikan Karakter Guna Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur (Ditinjau Dalam Qs. Ali Imron: 200). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.506
Syafi’i, A. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di MTs As’adiyah Uloe. Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies, 1(1), Article 01. https://doi.org/10.35706/azzakiy.v1i01.9965
Tandiarrang, K. L., Sihotang, H., & Gracia, L. (2023). Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di UPT SDN 9 Makale Selatan Tana Toraja. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1421
Trisnawati, T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal di Banten pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.739
Wulandari, H. Y. A., Ekawati, R., & Shodikin, A. (2024). Exploring creative thinking skill: How do students with logic-mathematic and visual spatial intelligence solve contextual mathematics problems? Jurnal Pendidikan Matematika (JUPITEK), 7(1), 22–32. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jupitek/article/view/9796
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi