Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika

Authors

  • Bernardus Bala Ritan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Retno Marsitin Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Vivi Suwanti Universitas PGRI Kanjruhan Malang
  • Djoko Adi Susilo Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v7i2.12528

Keywords:

model pembelajaran, discovery learning, komunikasi matematika

Abstract

Pembelajaran Discovery Learning mempunyai banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa. Komunikasi merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh siswa sebab, dengan komunikasi yang baik, siswa dengan cepat memahami apa yang dijelaskan oleh guru. Tujuan penelitian adalah bagimana penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan komunikasi matematika pada SMPS Batu Payung kecamatan Lewolema Kota Larantuka Nusa Tenggara Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan presentase meningkatkan komunikasi matematika siklus I sebesar 25,93% pada siklus II sebesar 92,59% mengalami tuntas belajar. Pemberian tes pada siklus II mengalami peningkatan karena pemberian tes dengan materi yang sama pada siklus I yaitu materi bentuk aljabar. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan komunikasi matematika. Langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut (1) Pendahuluan, (2) Penyajian materi, (3) Pembentukan kelompok, (4) diskusi kelompok, (5) Persentasi kelompok, (6) Evaluasi.

References

Antonia Efriana Osin, Nyamik Rahayu Sesanti, Retno Marsitin. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Aritmetika Sosial. Seminar Nasional FST Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Volume 2 (2019)

Bhandari, P. (2022). Research methodology: A step-by-step guide for beginners (2nd ed.). SAGE Publications.

Brookfield, S. D. (2023). Teaching for critical thinking: Tools and techniques to foster intellectual engagement. Jossey-Bass.

Fisher, D., Frey, N., & Hattie, J. (2021). Visible learning for social studies: Designing student learning for conceptual understanding. Corwin.

K Gwijangge, R Marsitin, DA Susilo. (2023) Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Pemecahan Masalah Aljabar.RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi 5 (2), 112-123

Kodirun, K., Busnawir, B., & Viktor, E. B. (2016). Penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis lesson study dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–14.

KPD Wulandari, Retno Marsitin, TC Wulandari. (2018). Learning Cycle 5e Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Pi: Mathematics Education Journal 1 (3), 91-99

Moschkovich, J. (2024). Language and mathematics education: Multiple perspectives and directions for teaching. Information Age Publishing.

Novianti, L. E. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Kuala T.A. 2018/2019 [Skripsi]. Universitas Negeri Medan.

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2021). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108.

Retno Marsitin (2015). Komunikasi Matematik dalam Pembelajaran Program Linier Berkarakteristik Kewirausahaan untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vvolume I, Nomor2, Agustus 2015, 205–212.

Retno Marsitin, Nyamik Rahayu Sesanti. (2021). Improving Mathematical Connection Ability Through Discovery Link Map. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPdP). Vol. 1 No. 1 (2021). https://doi.org/10.62388/jpdp.v1i1.2

Rika Lisnia Putri, Retno Marsitin, Vivi Suwanti. (2021). Permainan Tradisional Engklek untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA .Desember 2021, 7(2): 157-169 http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa.

Sfard, A. (2020). Thinking as communicating: Human development, the growth of discourses, and mathematizing. Cambridge University Press.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Edisi Revisi). Alfabeta.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Bernardus Bala Ritan, Retno Marsitin, Vivi Suwanti, & Djoko Adi Susilo. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 7(2), 94–100. https://doi.org/10.21067/jtst.v7i2.12528

Issue

Section

Articles
Loading...