PROTOTYPE ANIMASI 3D MESIN PERONTOK PADI OTOMATIS UNTUK PRODUKTIFITAS PASCA PANEN PARA PETANI
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v2i3.4790Keywords:
Animasi 3D, Mesin Perontok PadiAbstract
Terlepas dari berlimpahnya produksi padi, para petani juga selalu memiliki kendala yang bisa mempengaruhi menurunnya hasil panen, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dalam hal penurunan kualitas, biasanya disebabkan oleh faktor human error, atau kesalahan petani sendiri dalam perawatan padinya, misalnya kesalahan pada pemberian pupuk yang berlebihan. Sedangkan untuk penurunan kuantitas dalam pengolahan padi ada beberapa permasalahan yang selama ini menggangu petani dalam bekerja. Masalah utama yang sering terjadi adalah banyaknya rumput liar yang tumbuh di lahan sawah pertanian, alat yang masih tradisional, sehingga menggangu pertumbuhan tanaman padi tidak maksimal. Melihat permasalahan ini, peneliti memiliki inovasi untuk membantu buruh tani dalam menangani permasalahan tersebut yaitu dengan membuat sebuah prototype animasi 3D mesin perontok padi otomatis yang dapat mempermudah dalam pemahaman fungsi alat. Sehingga mereka dapat terbantu dalam mengelolah pertanian tanpa harus membutuhkan waktu yang lama dalam merontokkan padi.
References
GOLEMAN, DANIEL; BOYATZIS, RICHARD; MCKEE, A. (2019). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
MAHENDRA, R., TRISNADOLI, A., & SETYO NUGROHO, E. (2018). Implementasi Teknik Sinematografi dalam Pembuatan Film Animasi 3D. 2(2), 578–583. https://doi.org/https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.483
MARIANA, Y. (2017). Film Animasi 3D Jurnalis Sindo. Palembang : Politeknik PalComTech, 2(1), 18–26.
No, U. K. (2011). SPESIFIKASI TEKNIS MESIN PERONTOK SERBAGUNA (POWER THRESHER) TYPE SM PT - 01 TEST REPORT No : LB.620/B4.BPMA/97/V/2011.
PAMUJIANTO, S., SUYANTO, M., & SOFYAN, A. F. (2018). Teknik Hand Tracking Menggunakan Metode Inverse Kinematics Pada Pembuatan Animasi 3D. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 3(1). https://doi.org/10.31328/jointecs.v3i1.496
PUTRA, A. R. P., & DJUNIADI, D. (2013). Mempercantik Tampilan Game 2D Menjadi 3D De Kronik Van Diponegoro Menggunakan Teknik Mode 7. Jurnal Teknik Elektro Unnes, 5(2), 102–106.
ROMPAS, M. V., SINSUW, A., ROBOT, J., & NAJOAN, X. (2013). Perancangan Gedung Fakultas Teknik Unsrat Dengan Perspektif Animasi 3D. Jurnal Teknik Informatika, 2(2). https://doi.org/10.35793/jti.2.2.2013.2332
Sains, J. T., PURNAWATI, I., BUDIANTO, A. E., HARIANTO, W., Informatika, T., & Malang, U. K. (2019). Simulasi alat pembersih pelepah daun tebu kering untuk meningkatkan produktivitas pertumbuhan tanaman tebu. 1(2), 14–19.
SYAHFITRI, Y. (2011). Teknik Film Animasi Dalam Dunia Komputer. Jurnal SAINTIKOM, 10(3), 213–217.
UTAMI, E. (STMIK A. Y., SURYAJAYA, I. D. B., & SUKOCO. (2015). Optimalisasi Teknik Markerless Motion Capture Menggunakan Multisensor Pada Pe
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi