UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI MODEL COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING

Authors

  • Maria Elviani ovesarti Univdrsitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.4797

Keywords:

kemampuan kerjasama, berpikir kritis, collaborative problem solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) keterlaksanan model collaborative problem solving untuk tingkatkan kemampuan kerjasama dan berpikir kritis siswa SMP Nasional Malang, (2) model peningkatan kemampuan kerjasama siswa kelas VIII SMP Nasional Malang melalui model collaborative  problem  solving, (3) model peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII D SMP Nasional Malang melalui model collaborative problem solving. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap, yakni perencanan, perlakuan, penglihatan, dan  refleksi. Penghasilan dari penelitian merupakan : (1) dari hasil tes siklus I diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan kerjasama sebesar 72,50%. Dan memenuhi kriteria tinggi. Jika melihat dari hasil ketuntasan belajar siswa yang sudah meemenuhi KKM ( 75). Pada tindakan I, 9 siswa atau 37,5% dari 24 siswa, (2) dari hasil angket siklus II diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan kerjasama siswa sebesar 81,67%. Dan memenuhi kriteria sangat tinggi. Jika dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang memenuhi belajar siswa yang memenuhi  KKM ( 75). Pada siklus II sebanyak 20 siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) atau 83,33% dari 24 siswa. (3) kemampuan berpikir kritis yang mencapai siswa pada siklus II 77,10%, yaitu memenuhi kriteria baik, ini berarti untuk prestasi berpikir tingkat tinggi sangat kritis peserta didik sudah meningkat. Dapat menyimpulkan untuk belajar menggunakan model collaborative problem solving yang dilaksanakan di SMP Nasional Malang memenuhi kriteria baik sekali, hal itu dapat dibuktikan dengan melihat hasil presentasi pembelajaran pada siklus I dan siklus II.

 

References

bersetting kooperatif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah ditinjau dari
kreativitas siswa SMP PGRI 6 Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(1), 1-6.
Borgaonkar, S. R., & Rao, S. N. (1981). Analysis and design of DC blocks. Electronics
Letters, 17(2), 101-103.
Dewi, M. R., Mudakir, I., & Murdiyah, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif berbasis Lesson Study terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa The Effect of Collaborative Learning Model with Lesson Study on Student Critical Thingking. Jurnal Edukasi Unej, 3(2), 29–33.
Eko Mulyadi. (1999). Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 385–395. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/7836/6708
Faizi. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta: Erlangga
Fiser, A (2012). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. PT Gelora Askara Pratama
Huda, Mitahul (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, Dan Model Peberapan Yogjakarta: Pustaka Belajar
Hamalik, Oemar 2013. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Jihad, A, Dan Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran Jogjakarta: Multi Pressindo
Lestari, W. D. (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Habits Of Man Aging Impulsivity Siswa Smp Melalui Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investation Berbantuan Proyek. (Tesis). Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Marlina, L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal UIN Jakarta. Retrieved From http://respository.unijkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25322
Marjan, L, and mozhan, L (2012) “Collaborative Problem Solving. What Is It?”Proccedia-Sosial And Behavioural Scinces 31, (Oxford Elservier)
Martyanti, A. (2016). Keefektifan Pendekatan Problem Solving Dengan Setting Stad Dan Tai Ditinjau Dari Prestasi Dan Self-Confidence. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9825
Pratiwi, H. Y. (2016). PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DENGAN TUTORIAL SEBAYA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH SISWA KELAS X SMAN 1 SINGOSARI. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 1(1).
Oliveira, a D. D. E., Wilson, M. G. F., Place, T., & Parriaux, O. (1981). Si 11- 10 10. Electronics Letters, 17(2), 101–103.
Tati Sri Uswati. (2014). Implementasi Model Pendekatan Collaborative Problem Solving (Cps) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Edueksos, III(1), 101–118.
Uswati, Tati Sri. Implementasi Pendekatan Model Collaborative Problem Solving (CPS) Dalam Peningkatan Kualitas Belajar. Jurnal Edueksos Vol. III No. 1,Januari-Juni 2014
Zubaidah. 2017:2. Psikologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Elviani ovesarti, M. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI MODEL COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING . RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(2), 158–166. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.4797

Issue

Section

Articles