PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PEMBELAJARAN KONEKSI JARINGAN
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v2i4.4929Keywords:
Augmented Reality, Koneksi JaringanAbstract
Penggunaan teknologi saat ini sudah mampu memvisualisasikan sebuah tindakan di kehidupan nyata menjadi sebuah objek dalam sebuah aplikasi. Augmented Reality adalah sebuah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual yang bersifat interaktif dan realtime. Pengembangan Augmented Reality sebagai media pembelajaran pun juga sedang berkembang. Namun pada saat ini materi pembelajaran tentang teknik informasi dan komunikasi telah dihapuskan dari kurikulum pembelajaran siswa, hal ini sangat mempengaruhi kebutuhan siswa tentang komputer dan jaringan. Siswa yang terlanjur mengetahui informasi dasar mengenai jaringan pun tidak bisa mempraktikkan langsung ilmunya dan mengkoneksikan koneksi jaringan. Dari permasalahan tersebut terbentuklah sebuah media pembelajaran koneksi jaringan yang berjudul “Penerapan AR Sebagai Pembelajaran Koneksi Jaringan†yang berguna untuk menampilkan objek 2 dimensi menjadi objek 3 dimensi serta koneksi dalam mengatur jaringan komputer dan tes koneksi jaringan komputer.
References
Azuma, Ronald T. August 1997. "A Survey of Augmented Reality". Presence: TeleoperatorsandVirtualEnvironments.
Fadlil, Abdul, dkk. 2017. “Pengembangan Sistem Pengaman Jaringan Komputer Berdasarkan Analisis Forensik Jaringanâ€Â. Universitas Ahmad Dahlan.
Hanafi, Miftah Rizqi. 2015. “Analisis Dan Perancangan Aplikasi Geometra, Media Pembelajaran Geometri Mata Pelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Realityâ€Â.Tugas Akhir Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.
Harni Kusniyati, Nicky Saputra Pangondian Sitanggang. 2016. Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android". Jurnal Teknik Informatika. 9(1): 11.
Hikmaturokhman, Alfin, dkk. 2015. “Implementasi Mobile Augmented Reality 3 Dimensi Pada Petunjuk Praktikum Drive Testâ€Â. ST3 Telkom Purwokerto.
Karisman, Aprian, dkk.2019. “Aplikasi Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Perangkat Keras Komputer Berbasis Androidâ€Â. Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendekia Abditama.
Muntahanah, dkk. 2017. “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus Pt. Jashando Han Saputra)â€Â. Universitas Muhamamadiyah Bengkulu.
Nadira, Zahra, dkk. 2016. “Implementasi Augmented Reality Pada Brosur Teknik Informatika Universitas Tanjungpura Menggunakan Metode Markerâ€Â. Universitas Tanjungpura.
Riccitiello, John. 2014. John Riccitiello sets out to identify the engine of growth for Unity Technologies (interview). VentureBeat. Interview with Dean Takahashi. Retrieved January 18, 2015.
Safaat, Nazrudin. 2011. “Android Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Androidâ€Â. Informatika, Bandung.
Safaat, Nazruddin. 2012. â€ÂPemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Androidâ€Â. Informatika Bandung: Bandung.
Saputra, Yoga Aprillion. 2014 “Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Fosil Purbakala Di Museum Geologi Bandungâ€Â. Universitas Komputer Indonesia.
Sari, Citra Arum. 2018. “Penerapan Augmented Reality dalam Visualisasi Katalog Apartemen Berbasis Androidâ€Â. Universitas Udayana.
Suharso, Aries, Angga Adhi Pramana. 2016. “Media Pembelajaran Perangkat Keras Jaringan Komputer Berbasis Magicbook Augmented Realityâ€Â. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Wasista, Sigit, dkk. 2016. “Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Interaktifâ€Â. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
Zianuddin, Zahir, dkk. 2016. “Aplikasi Augmented Reality pada Sistem Informasi Smart Buildingâ€Â. Universitas Hasanuddin
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi