PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ SMK PGRI 2 MALANG

Authors

  • Eric Estrada a:1:{s:5:"en_US";s:22:"Universitas Kanjuruhan";}

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.5167

Keywords:

hasil belajar, inkuiri terbimbing, motivasi

Abstract

Tujuan utama penelitian yaitu untuk mengungkapkan adanya peningkatan belajar siswa pada aspek motivasi dan aspek hasil melalui pembelajaran inkuiri. Pelaksanaan penelitian mengacu pada jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari pelaksanaan tindakan pada setiap siklusnya, diketahui berdasarkan pada aspek keterlaksanaan pembelajaran (71%), aspek motivasi (63%) dan aspek hasil belajar (81%). Sedangkan tindakan siklus II terjadi peningkatan pada setiap aspeknya, secara berurutan yaitu aspek keterlaksanaan pembelajaran (84%), aspek motivasi (86,5%), dan aspek hasil belajar (89%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka diharapkan bagi guru atau peneliti selanjutnya untuk mempertimbangkan model pembelajaran inkuiri karena terbukti mampu meningkatkan pembelajaran di kelas baik pada aspek motivasi maupun hasil yang dicapi peserta didik.

References

Ahmadi, K & Amri, S. 2010. Proses Pembelajaran Inovatif dan Kreatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hari, B. S. 2008. Mengapa Fisika Sulit. http://suarapembaca.detik.com/read/ 2008/08/20/082305/991245/471/mengapa-fisika-sulit. Diakses tanggal 12 September 2018.
Joko Susilo, M. 2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Novita, A. M., Diawati, C., & Fadiawati, N. 2013. The Guided Discovery Learning To Improve Students Learning Motivation And Concept Masteries Of Colloid System. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1): 1-8
Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran (Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar). Bandung: Alfabeta
Saputra, A., Widoretno, S., & Santoso, S. 2012. Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Strategi Guided Inquiry di SMP Negeri 5 Surakarta Kelas VIII F Tahun Pelajaran 2011/2012.
Sormin, E., Julianti, K., Nadeak, B., & Naibaho, L. (2019). Use of Construction Inquiri Learning Model To Improve the Interest of Learning Students Grade Xi Sma Angkasa 2 in Coloid Materials. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 5(2), 908–917. https://doi.org/10.20319/pijss.2019.52.908917Sudirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: BP3SD, Dirjen Dikti, Depdikbud.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Turnip, B. M., Simanjuntak, M. P., Science, N., & Indonesia, M. (2016). LEARNING WITH GUIDED INQUIRY MODEL TOWARD THE UNIVERSITY STUDENT ’ S PROBLEM SOLVING SKILL. 68–72.
Yusuf, A. M. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian. Gabungan (Pertama). Jakarta: Renika Cipta.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Estrada, E. (2021). PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TKJ SMK PGRI 2 MALANG. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(1), 13–17. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.5167

Issue

Section

Articles