Efektifitas Pembelajaran Daring Di MTS Swasta Proyek Kandepag pada Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v4i1.5635Keywords:
belajar daring, efektifitas, covid 19Abstract
Pembelajaran selama covid 19 memberdayakan pembelajaran dalam jaringan yang umum disebut pembelajaran daring. Selama 2 semester pembelajaran daring sudah berlangsung di sekolah MTS Swasta Proyek Kandepag. Memandang waktu yang berlangsung dalam pembelajran during ini maka efektifitas pembelajaran juga harus dinilai di sekolah yang melaksanakan pembelajaran during. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pembelajaran di MTS Swasta Proyek Kandepag selama masa covid 19. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MTS Swasta Proyek Kandepag sebanyak 283 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei yaitu memberikan angket kepada siswa yang dpat diisi secara online. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa 75% siswa menyatakan proses pembelajaran daring kurang baik dalam pelaksanaannya disekolah. Hal ini disebabkan karena sumberdaya manusia baik guru maupun siswa masih sangat rendah dalam memberdayakan tekhnologi yang dapat digunakan pada proses pembelajaran daring.
References
(Studi Kasus : Smk Ti Swasta Budi Agung Medan).JTIK (jurnal Tekhnik Informatika Kaputama) vol 1 no 3. 2019.
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis
Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/JIPP.V5I1.111
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online
Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Simatupang, N. I., Rejeki, S., Sitohang, I., Patricia, A., Simatupang, I. M., Pendidikan,
P.,Universitas, K., & Indonesia, K. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 1–7. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i2.1754
Jagad Aditya Dewantara, T Heru Nurgiansah. Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 367-375
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi