ANALISIS KEMAMPUAN TEKNOLOGI GURU SD

Authors

  • Dewanty Putri Pertiwi
  • Farida Nur Kumala Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Didik Iswahyudi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6038

Keywords:

Kemampuan, Teknologi, TPACK, Sekolah Dasar

Abstract

Memasuki abad-21 guru dituntut untuk memiliki pengetahuan konten , pengetahuan pedagogik , dan pengetahuan teknologi dalam pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan teknologi guru sekolah dasar dalam aspek TPACK dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa kemampuan Technological Knowledge dan Tecgnological Content Knowledge guru dalam menggunakan perangkat keras dan lunak untuk proses pembelajaran daring dan luring dapat dikatakan mahir. Akan tetapi, untuk proses pembelajaran sacara luring, guru belum menggunakan teknologi pada saat proses pembelajaran. Kemampuan Technological Pedagogik Knowledge guru belum maksimal karena kendala yang dirasakan pada saat pembelajaran luring maupun daring. Untuk aspek TPACK guru, pada saat pembelajaran luring guru belum bisa memaksimalkan dalam penggunaan aspek TPACK. Saat pembelajaran daring, guru hanya dapat menggunakan kemampuan TK dan TCK.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Pertiwi, D. P., Kumala, F. N., & Iswahyudi, D. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN TEKNOLOGI GURU SD. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 241–246. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6038

Issue

Section

Articles