RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN LAPTOP BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL

Authors

  • Ritalia Manis Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Wiji Setiyaningsih Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Wiwin Kuswinardi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6065

Keywords:

Penjualan online, Administratif Penjualan, Pencatatan Stock

Abstract

Sistem penjualan di toko Flobamora Computer masih menerapkan sistem penjualan langsung, dimana sistem penjualan, promosi dan informasi produk akan di dapatkan konsumen hanya pada saat mendatangi toko secara langsung. Jangkauan promosi toko flobamora computer sangat terbatas dikarenakan promosinya masih menggunakan iklan cetak dan brosur. Aktifitas Administratif penjualan dan pencatatan stock barang pada Toko Flobamora masih dengan cara mencatat pada sebuah buku besar. Dampak dari permasalahan tersebut adalah banyaknya terjadi kehilangan data stok, data penjualan sehingga untuk membuat laporan penjualan harus melakukan pencatatan ulang untuk mengembalikan data stok dan data penjualan. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis berinisiatif membuat sebuah rancangan sistem penjualan dengan tujuan untuk mengefektifkan administratif penjualan hingga pembuatan laporan bulanan pada toko flobamora Computer serta untuk meningkatkan promosi produk dari toko flobamora ke jangkauan yang lebih luas. Dengan adanya sistem informasi penjualan ini diharapkan dapat membantu memecahkan masalah administratif penjualan pada toko flobamora dalam hal pencatatan stock, data penjualan dan pembuatan laporan penjualan dan memmbantu pemasaran dan promosi toko flobamora computer ke jangkauan yang lebih luas yakni dengan pemasaran dan promosi secara online.
Kata kunci : Penjualan online, Administratif Penjualan, Pencatatan Stock

References

Handayani, Sutri. 2018. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. Ilkom Jurnal Ilmiah 10 (2). Universitas Muslim Indonesia: 182–89. doi:10.33096/ilkom.v10i2.310.182-189.
Lailliya, Nisfatul. 2020. “Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 2 (2Gultom, S. B. and Sari, D. (2019) ‘Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Brand Image E-Commerce Shopee The Ifluenced Of Blackpink as Brand Ambassador Toward Brand Image at E-Commerce Platform Shopee’, Universitas Telkom, 6(2).): 113–26.
Nurfadilah, Putri Syifa. 2018. McKinsey: Tahun 2022, Pasar E-Commerce Indonesia Capai Rp 955 Triliun: diakses melalui https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/03/093900726/mckinsey--tahun-2022-pasar-e-commerce-indonesia-capai-rp-955-triliun. 03 September 2018.
Shalahuddin M. Rosa A.S, 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorentasi Objek.
Susilo, Muhammad. 2018. Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan) 2 (2). Universitas Islam Sumatera Utara: 98–105. doi:10.30743/infotekjar.v2i2.171.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Manis, R., Setiyaningsih, W., & Kuswinardi, W. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN LAPTOP BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 197–207. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6065

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)