Pengembangan Buku Ajar Berbasis PjBL dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v4i4.8226Keywords:
buku ajar, PjBL, STEM, pemahaman konsepAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh buku ajar pembelajaran fisika berbasis PjBL dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dan mengetahui kelayakan serta respon pengguna terhadap buku ajar ini pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Desain penelitian ini menggunakan desain 3-D yaitu; Define, Desain and Develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, dan soal Preetest-Postest. Data penelitian berupa data uji kelayakan oleh validator dan data uji coba terbatas yang diberikan kepada guru fisika dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji kelayakan yang diperoleh dari validasi ahli media dan ahli materi diperoleh nilai rata-rata uji kelayakan sebesar 90.23 % yang berada pada kategori sangat baik/sangat layak digunakan, (2) hasil uji coba terbatas terhadap siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 87.95 % yang berada pada kategori sangat baik, (3) hasil uji N-gain terhadap tingkat pemahaman konsep siswa setelah menggunakan buku ajar ini memperoleh nilai sebesar 0.67 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan data hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar berbasis PjBL-STEM layak digunakan sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik
References
Afriana, dkk. 2016.Pengaplikasian Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.
Anonim. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Gunawan, dkk. 2016. Pengaruh model PjBL berbantuan media virtual terhadap penguasaan koonsep peserta didik ateri alat alat optik. Jurnal pendidikan fisik dan teknologi. Moiser, G., Bradle-Levine, J. dan Perkins, T. (2013). Dampak pembelajaran berbasis proyek pada Pendidikan STEM di sekolah berkebutuhan tinggi.
Halili, SH 2019. Kemajuan Teknologi Dalam Pendidikan 4.0.
Helma dan Edison. 2017. Faktor-Faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa untuk penerapan bahan ajarkontekstual mengintegrasikan pengetahuan terkait dan realistis. Jurnal Eksakta Pendidikan.
Pangesti, K.I. 2017. Bahan Ajar Berbasis STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Unnes.
Lese, P. 2019. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sunderman.
Lestari, F. 2019. Indentifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Kelas VMenggunakan Soal Pemecah Masalah. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika.
Mahdfuddin, M & Wahyuni, S. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMP Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Terintegrasi Karakter Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana. Unnes Physics Education Journal 10 (3) 2021
Nesa, dkk. 2017. Pengembangan Buku Siswa Materi Jarak Pada Ruang Dimensi Tiga Berbasis Sains, Teknologi, Teknik, Dan Matematika (Batang) Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas X. Jurnal Elemen.
Novianto, K, N. Masykuri, M. Sukramin. 2018. Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis project pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan kreativitas belajar Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Inkuiri.
Pangesti, KI, D. Yulianti & Sugianto. 2017. Bahan Ajar Berbasis STEM untuk meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Unnes.
Oktavia, R. Bahan pelajaran berbasisi STEM untuk mendukung pembelajaran IPA terpadu. Jurnal Semesta Pendidikan IPA e ISSN 2598-1951
Suharsimi, Ar. 2013. Evaluasi Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.
Sundaygaram C., Pratiwi, HY, & Hudha, MN 2018. Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuatan Alat-Alat Praktikum Fisika. Momentum: Jurnal Pendidikan Fisika.
Suranti, NMY Gunawan, Shaidu, H. 2016. Pengaruh Model PjBL Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.
Widayanti. 2019. Tesis: “Pengembangan E-Book Intereactive Berbasis STEM Berorientasi Kemampuan Abad 21 Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Ilmiah dan Pemahaman Konsep Pada Materi Fisikaâ€. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Zunicha, W, S & Suparmi. 2017. Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan SETS dengan Metode Proyek dan Eksperimen ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa. Jurnal Inkuiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi