Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Kelas XI Mata Pelajaran Fisika : Hasil Studi Kasus

Authors

  • Melani Dyah Ayu Sukma a:1:{s:5:"en_US";s:29:"Universitas Negeri Yogyakarta";}
  • Riki Perdana Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v5i3.8644

Keywords:

Kemandirian Belajar, Pembelajaran Fisika, Hasil Studi Kasus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar peserta didik di SMA Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode survey deskriptif dengan menggunakan sampel sebanyak 32 responden yang dipilih dengan cara convenience sampling. Survey yang digunakan sebagai pengambilan data dalam penelitian ini berupa angket kemandirian belajar yang mencakup indikator percaya diri, tanggung jawab, disiplin, inisiatif, dan motivasi dengan jumlah soal sebanyak 20 butir pertanyaan dengan skala jawaban empat. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tingkat kemandirian belajar peserta didik SMA di Bantul masih tergolong dalam kategori rendah, hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis yang menyatakan bahwa 2 indikator sudah berada dalam  kategori baik, tetapi 3 indikator lainnya masih dalam kategori rendah dengan total rata-rata keseluruhan nilainya adalah 2,44. Sedangkan berdasarkan perhitungan frekuensi terdapat 6 peserta didik dalam kategori baik, 15 peserta didik dalam kategori rendah dan 11 peserta didik dalam kategori rata-rata. Hal ini menandakan bahwa tingkat kemandirian belajar peserta didik masih rendah dan perlu untuk ditingkatkan.

References

Adawiyah, R. 2012. Pengembangan Model Konseling Behaviour dengan Teknik Modeling untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa SMP N 4 Wanasari Brebes. Jurnal Bimbingan Konseling Unnes, 1(1): 1-6.

Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4). https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709

Athariq, M., & Jintar, T. “Hubungan Lingkungan dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Gambar Teknik Dasar Siswa Kelas X SMK Negeri Se-Kota Madya Medan,†Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, Vol. 4, no. 2, 1-7, 2018.

Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Independent Learning of Students in Online Learning During The Covid-19 Pandemic. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.

Jonvi1, P. N., Munir2, S., David3, & Iman Asroa. B.S. (n.d.). A s - S A B I Q U N. 5, 838–850.

Mertha Jaya, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Quandrant.

Nadirah, Y. Psikologi Belajar dan Mengajar. Banten: Dinas Pendidikan Provinsi Banten, 2014.

Sanita, N., Elisa, E., & Susanna, S. (2021). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Syamtalira Bayu. Jurnal Serambi Akademica, 9(6), 857–864. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/3086

Saputra, R. M. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Sistem Daring Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 840–847. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1268

Sari Intan, R. “Analisis Tingkat Kemandirian Belajar siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII MAN 1 Batang Hari,†Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol. 5, no. 2, 296-304, 2019.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Syartissaputri, N. P., Setiyowati, E., & Siwabessy, L. (2014). Hubungan antara manajemen waktu sengan kemandirian belajar siswa kelas X SMA negeri 56 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 88-94. DOI: 10.21009/ INSIGHT.031.15

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Sukma, M. D. A., & Riki Perdana. (2023). Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Kelas XI Mata Pelajaran Fisika : Hasil Studi Kasus. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 5(3), 232–237. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i3.8644

Issue

Section

Articles