Analisis Perbandingan Teknik 3d Rendering Cycles Render Dan Radeon Pro Render Pada Software Blender

Authors

  • Hardian Rachmadi a:1:{s:5:"en_US";s:34:"universitas pgri kanjuruhan malang";}
  • Amak Yunus Eko Prasetyo universitas pgri kanjuruhan malang
  • Muhammad Priyono Tri Sulistyanto universitas pgri kanjuruhan malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v5i3.9112

Keywords:

modelling 3d, blender, cycles render, radeon prorender, procedural texture

Abstract

Penelitian ini membahas perbandingan antara teknik rendering tiga dimensi antara Cycles render dengan Radeon pro render pada software animasi tiga dimensi Blender. Hasil pengujian akan membantu para 3D artist atau masyarakat yang menggunakan software tiga dimensi dalam memilih render engine yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Teknik render yang dianalisis adalah cycles dan radeon yang sama-sama melakukan proses rendering dengan ray tracking. Vertices (titik sudut) dan texture digunakan sebagai parameter pada penelitian ini. Objek pada penelitian ini adalah 10 model tiga dimensi untuk parameter jumlah vertices yang dibutuhkan untuk model dan 10 procedural texture untuk parameter jumlah node yang dibutuhkan untuk procedural texture. Analisis perbandingan cycles dan radeon menghasilkan pengujian kecepatan render, size file hasil render, dan kualitas gambar hasil render. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa render time dari cycles lebih cepat jika dibandingkan dengan radeon yang begitu lama, pada ukuran file hasil output render kedua enggine tidak berbeda jauh, dan kualitas dari hasil render menyatakan bahwa cycles render memiliki gambar hasil render lebih bagus jika dibandingkan dengan gambar hasil render radeon pro render.

References

Betancourt, M. (2022). The “intentional function†in still and moving photographic images. Semiotica. https://doi.org/10.1515/sem-2020-0065

Bhanu Sri Nugraha. (2016). JURNAL ILMIAH Data Manajemen Dan Teknologi Informasi.

Hisyam Muhammad Umar. (2020). Author : ANALISIS PERBANDINGAN TEKNIK 3D RENDERING CYCLES DAN EEVEE PADA SOFTWARE BLENDER.

Mulyono, K. M., & Al Fatta, H. (2012). PEMBUATAN GAME LABIRIN DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER 3D. 13(2).

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Sairiala, J. (n.d.). PBR workflows in Cycles Render Engine PBR workflows for realistic rendering in Cycles Render Engine.

Santy Nazir, R., Dzikri, A., Gustin, O., Jaringan, T. M., & Batam, P. N. (2018). Analisis Perbedaan Teknik Rendering Menggunakan Mental Ray dan Arnold Pada Film Animasi 3D “Gara-gara HOAX.â€

Setiawan, D. (2018). Evaluasi 3D Texturing Process Pada Bentuk Dinding Bangunan Bersejarah Candi Cetho. In Journal of Computer and Information Technology E-ISSN (Vol. 2, Issue 1). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick

Setiawan, D., & Al Fatta, H. (2016). POLITEKNIK SAWUNGGALIH AJI-PURWOREJO Analisa dan Perancangan 3D Candi Cetho Menggunakan Metode Polygonal Modeling.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Rachmadi, H., Amak Yunus Eko Prasetyo, & Muhammad Priyono Tri Sulistyanto. (2023). Analisis Perbandingan Teknik 3d Rendering Cycles Render Dan Radeon Pro Render Pada Software Blender. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 5(3), 212–222. https://doi.org/10.21067/jtst.v5i3.9112

Issue

Section

Articles