Analisis Perbandingan Teknik 3d Rendering Cycles Render Dan Radeon Pro Render Pada Software Blender
DOI:
https://doi.org/10.21067/jtst.v5i3.9112Keywords:
modelling 3d, blender, cycles render, radeon prorender, procedural textureAbstract
Penelitian ini membahas perbandingan antara teknik rendering tiga dimensi antara Cycles render dengan Radeon pro render pada software animasi tiga dimensi Blender. Hasil pengujian akan membantu para 3D artist atau masyarakat yang menggunakan software tiga dimensi dalam memilih render engine yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Teknik render yang dianalisis adalah cycles dan radeon yang sama-sama melakukan proses rendering dengan ray tracking. Vertices (titik sudut) dan texture digunakan sebagai parameter pada penelitian ini. Objek pada penelitian ini adalah 10 model tiga dimensi untuk parameter jumlah vertices yang dibutuhkan untuk model dan 10 procedural texture untuk parameter jumlah node yang dibutuhkan untuk procedural texture. Analisis perbandingan cycles dan radeon menghasilkan pengujian kecepatan render, size file hasil render, dan kualitas gambar hasil render. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa render time dari cycles lebih cepat jika dibandingkan dengan radeon yang begitu lama, pada ukuran file hasil output render kedua enggine tidak berbeda jauh, dan kualitas dari hasil render menyatakan bahwa cycles render memiliki gambar hasil render lebih bagus jika dibandingkan dengan gambar hasil render radeon pro render.
References
Betancourt, M. (2022). The “intentional function†in still and moving photographic images. Semiotica. https://doi.org/10.1515/sem-2020-0065
Bhanu Sri Nugraha. (2016). JURNAL ILMIAH Data Manajemen Dan Teknologi Informasi.
Hisyam Muhammad Umar. (2020). Author : ANALISIS PERBANDINGAN TEKNIK 3D RENDERING CYCLES DAN EEVEE PADA SOFTWARE BLENDER.
Mulyono, K. M., & Al Fatta, H. (2012). PEMBUATAN GAME LABIRIN DENGAN MENGGUNAKAN BLENDER 3D. 13(2).
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Sairiala, J. (n.d.). PBR workflows in Cycles Render Engine PBR workflows for realistic rendering in Cycles Render Engine.
Santy Nazir, R., Dzikri, A., Gustin, O., Jaringan, T. M., & Batam, P. N. (2018). Analisis Perbedaan Teknik Rendering Menggunakan Mental Ray dan Arnold Pada Film Animasi 3D “Gara-gara HOAX.â€
Setiawan, D. (2018). Evaluasi 3D Texturing Process Pada Bentuk Dinding Bangunan Bersejarah Candi Cetho. In Journal of Computer and Information Technology E-ISSN (Vol. 2, Issue 1). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick
Setiawan, D., & Al Fatta, H. (2016). POLITEKNIK SAWUNGGALIH AJI-PURWOREJO Analisa dan Perancangan 3D Candi Cetho Menggunakan Metode Polygonal Modeling.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi