Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Vektor Melalui Implementasi Teknologi dalam Discovery Learning

Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Vektor Melalui Implementasi Teknologi dalam Discovery Learning

Authors

  • Dimas Dafa Rizkianto Universitas Negeri Malang
  • Mega Putri Kurniawati a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas PGRI Kanjuruhan Malang";}
  • Ratih Tri Aidawati Tri Aidawati SMAN Taruna Nala Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.9838

Keywords:

discovery learning, teknologi dalam pembelajaran, hasil belajar kognitif, vektor

Abstract

Pentingnya peranan fisika dalam mengembangkan keterampilan abad 21 berbanding terbalik dengan rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik. Pada materi vektor, keseluruhan 30 peserta didik di kelas XI MIPA 3 SMAN Taruna Nala Malang memiliki hasil belajar kognitif rendah yang disebabkan oleh persepsi bahwa materi vektor kurang relevan dengan kehidupan sehari-hari dan strategi pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi vektor dengan menerapkan strategi pembelajaran discovery learning dan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan mode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang melibatkan guru praktik, guru pamong, dan dosen pendamping lapangan. Subjek penelitian merupakan peserta didik di kelas XI MIPA 3 SMAN Taruna Nala Malang tahun ajaran 2023/2024. Pemeberian perlakuan berlangsung selama 2 siklus pembelajaran atau empat pertemuan dan menunjukkan hasil yang positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi vektor.

References

Avionita, Prima Nabila, and Yermiandhoko Yoyok. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Online Google Maps Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Materi Keragaman Suku Bangsa Di Indonesia Abstrak.†Jurnal Universitas Negeri Surabaya 1608–18.

Ayu Aprilia, Diana, Miftahul, Lailatul Nuraini, and Agung Sedayu. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbantuan PhET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Pendidkan Fisika Undhiksa 12(2):176–80.

Banda, Herbert James, and Joseph Nzabahimana. 2021. “Effect of Integrating Physics Education Technology Simulations on Students’ Conceptual Understanding in Physics: A Review of Literature.†Physical Review Physics Education Research 17(2):23108.

Bruner, J. S. 1961. “The Act of Discovery.†Harvard Education Review (31):21–32.

Dachi, Avan Yulson, Lipur Ju Priman Zega, Rameyanti Tampubolon, and Asiroha Siboro. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Vektor Di Kelas X Semester I Sma Gajah Mada Medan Timur T.†Jurnal Penelitian Fisikawan Prodi Pendidikan Fisika 6(1):25–38.

Darmaji, Darmaji, Dwi Agus Kurniawan, Astalini Astalini, and Weni Sukarni. 2022. “Description of Student Responses Toward Implementation of Discovery Learning Model in Physics Learning.†Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 12(1):1–10.

Dianty, Alivea Pisca, Sri Handono, and Budi Prastowo. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Vektor Siswa Sma.†Seminar Pendidikan Fisika 4(1):2527–5917.

Kemmis, S., and R. McTaggart. 1988. The Action Research Planner.

Korur, Fikret, Sevda Yerdelen-Damar, and Havva Sağlam. 2021. “The Development of an Integrated Scale of Technology Use in Physics.†Research in Learning Technology 29(1063519).

Kusumah, Muchammad Irfan, Sutisna, and D. Septian. 2018. “Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon.†Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains 1(1):33–39.

Lidiana, Hamidah, Gunawan Gunawan, and Muhammad Taufik. 2018. “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018.†Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 4(1):33–39.

Mardiana, Neneng Leni. 2021. “Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Materi Gerak Melingkar.†Journal of Education Action Research 5(2):200–207.

Marsila, Wanti, Connie Connie, and Eko Swistoro. 2019. “Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik.†Jurnal Kumparan Fisika 2(1):1–8.

Masril, Hidayati, and Y. Darvina. 2019. “Implementation of Virtual Laboratory through Discovery Learning to Improve Student’s Physics Competence in Senior High School.†Journal of Physics: Conference Series 1185(1).

Mutiasih, Lina. 2022. “Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Fisika Materi Vektor Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X.†Indonesian Journal of Action Research 1(2):187–200.

Nurfaida, A. 2020. “… Model Pembelajaran Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Pada Materi Vektor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.†EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran … 06(01):53–58.

Nurilyasari, Dita Fitrin, and Chandra Sundaygara. 2023. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Dengan Model Discovery Learning Berbasis Live Worksheet Pada Pembelajaran Fisika.†5(2).

Pamungkas, Z. S., N. S. Aminah, and F. Nurosyid. 2019. “Analysis of Student Critical Thinking Skill in Solving Fluid Static Concept Based on Metacognition Level.†Journal of Physics: Conference Series 1153(1).

Prasetya, Tri Adi, and Chrisna Tri Harjanto. 2020. “Improving Learning Activities and Learning Outcomes Using the Discovery Learning Method.†VANOS Journal Of Mechanical Engineering Education 5(1):59–66.

Resty, Zelin Norma, Muhardjito, and Nandang Mufti. 2019. “Discovery Learning Berbantuan Schoology : Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis.†Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 4(2):267–73.

Siregar, Dwi Aninditya, Lukman Hakin Siregar, and Rini Fuzi Astuti. 2020. “Penerapan Model Inuiry Training Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Vektor Di Kelas X.†Jurnal PhysEdu Pendidikan Fisika IPTS 2(3):20–26.

Susanti, Shinta Dewi, Muhammad Reyza Arief Taqwa, and Sulur Sulur. 2020. “Pengembangan E-Module Berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Pada Materi Teori Kinetik Gas Untuk Mahasiswa.†Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 6(2):287.

Svinicki, M. D. 1998. “A Theoretical Foundation for Discovery Learning.†The American Journal of Physiology 275(6 Pt 2):4–7.

Syaifullah, Suharto, and Yanti Suryanti. 2020. “Hubungan Pemahaman Konsep Trigonometri Dengan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Vektor.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II 381–87.

Yusro, Andista Candra, and Mislan Sasono. 2016. “Penggunaan Modul Ilustratif Berbasis Inkuiri Terbimbing Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemandirian Siswa Kelas Vii Smpn 14 Madiun.†Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK) 2(1):29.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Dimas Dafa Rizkianto, Kurniawati, M. P., & Tri Aidawati, R. T. A. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Materi Vektor Melalui Implementasi Teknologi dalam Discovery Learning . RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 7(1), 20–26. https://doi.org/10.21067/jtst.v7i1.9838

Issue

Section

Articles
Loading...