Analisis Kemampuan Literasi Digital Menggunakan Instant Digital Competence Assessment Guru PAI SMP Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

  • Zainab Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Nurul Hikmah Kartini Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Mutiarani Pionera Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.9982

Keywords:

Literasi Digital, iDCA, Guru PAI

Abstract

Pentingnya penguasaan guru dalam kemampuan literasi digital di era digitalisasi sekarang menjadi suatu hal yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan teknologi dan informasi dalam dunia pendidikan. Kemampuan literasi digital bagi seorang guru diperlukan dalam proses administratif, penyusunan perangkat bahan ajar dan juga dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi digital guru PAI menggunakan Instant Digital Competence Assessment sebagai instrumen pengukur kemampuan literasi digital. Hasil penelitian kemudian dikembangkan lebih lanjut untuk mengetahui aspek-aspek yang belum dikuasai guru PAI. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi digital dan subjeknya adalah guru PAI SMP Muhammadiyah Palangkaraya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang didapat direduksi, kemudian disajikan dan dianalisis untuk dilakukan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan pemeriksaan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa guru PAI SMP Muhammadiyah Palangkaraya memiliki kemampuan literasi digital dengan kategori baik dengan rincian sebagai berikut: (1) Subjek 1 menguasai 10 sub dimensi dan tidak menguasai 3 sub dimensi, (2) Subjek 2 menguasai 11 sub dimensi dan tidak menguasai 2 sub dimensi, (3) Subjek 3 menguasai 10 sub dimensi dan tidak menguasai 3 sub dimensi, dan (4) Subjek 4 menguasai 9 sub dimensi dan tidak menguasai 4 sub dimensi. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk subjek penelitian agar mengembangkan kemampuan literasi digital dan untuk sekolah agar ikut berkontribusi mendukung guru mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran agar tercipta kesetaraan kemampuan literasi digital.

References

Calvani, Antonio, Antonio Fini dan Maria Ranieri. 2017. “Digital Competence In K-12. Theoretical Models, Assessment Tools and Empirical Research.” Anàlisi 40

Gosal, Macky Franky Eduard, Marthen L. Kimbal dan Wehelmina Rumawas. 2016. “Kemampuan Kerja Aparat Kecamatan dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Akte Jual Beli Tanah kepada Masyarakat di Kecamatan Tikala Kota.” Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan. Vol. 2

Hafidhoh, Noor. 2020. “Pendekatan Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VI MI Al Khoiriyah Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1

Ilhamah, Dwi Fatayatin. 2020. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendesain Model Pembelajaran Berbasis Literasi Digital (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto).” Tesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional

Kurnia, Novi, dkk. 2017. Literasi Digital Keluarga Teori dan Praktik Pendampingan Orangtua Terhadap Anak dalam Berinternet. Yogyakarta: Center For Digital Society (CfDS)

Kurnianingsih, Indah, Rosini, Nita Ismayanti. 2017. “Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Vol. 3. No. 1

Lie, Tjiong Fei dan Hotlan Siagian. 2018. “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja pada CV. Union Event Planner.” Agora. Vol. 6. No. 1

Mahyuni, Firda. 2021. “Literasi Digital Mahasiswa Jurusan PGMI Angkatan 2019.” Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Antasari

Masitoh, Siti. 2018. “Blended Learning Berwawasan Literasi Digital Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Membangun Generasi Emas 2045.” Proceedings of The ICECR., Vol. 1. No. 3

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81a Tahun 2013,” dalam Peraturan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016,” dalam Peraturan Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta

Mutaqqin, M. Zeinul, Ilham dan Usman Idris. 2021. Literasi Digital Masa Pandemi. Aceh: Syiah Kuala University Press

Harahap, Mely Novasari. 2021. “Analisis Data Penelitian Kualitatif Menggunakan Model Miles dan Huberman.” Jurnal Manhaj. Vol. 18

Prayoga, Akbar. 2018. “Pengaruh Literasi Digital dan Sikap terhadap Keterampilan Belajar Abad 21 pada Siswa Kelas X di SMA Negeri Kecamatan Jatinegara Jakarta Timur.” Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta

Rahardjo, Mudjia. 2010. Triangulasi dalam penelitian kualitatif. Disampaikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

Ramadhan, Hilman Faisal dan Kharisma Nasionalita. 2020. “Tingkat Literasi Digital Pada Guru SMP di Kota Bandung.” e-Proceeding of Management. Vol. 7. No. 2

Restianty, Ajani. 2018. “Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru dalam Literasi Media.” Jurnal Kehumasan. Vol. 1. No. 1

Saud, Mohan Singh. 2021. “Nepalese EFL Teachers’ Digital Literacy for Online Teaching.” Journal of Research and Innovation in Language. Vo. 3. No. 1

Sukri, Muhammad. 2021. “Literasi Digital sebagai Media Pembelajaran dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Sulianta, Feri. 2020. Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Sosial Studies. Bandung: Published

Wulandari. 2023. “Tingkat Literasi Digital Guru Kelas Berdasarkan Perspektif Instant Digital Competence Assessment (IDCA).” Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Zainab, Kartini, N. H., & Pionera, M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Digital Menggunakan Instant Digital Competence Assessment Guru PAI SMP Muhammadiyah Palangkaraya. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 6(2), 173–183. https://doi.org/10.21067/jtst.v6i2.9982

Issue

Section

Articles