Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas dan agency cost sebagai variabel moderating

Main Article Content

Monika Nia

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) berpengaruh terhadap nilai perusahaan, peran profitabilitas dan agency cost dalam memoderasi hubungan antara pengungkapan CSR dengan nilai perusahaan. Populasi penelitian perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014 sampai 2016 sebanyak 13 perusahaan, yang diambil dengan teknik pruposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas dapat memoderating hubungan antara pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dengan nilai perusahaan sedangkan agency cost tidak dapat memoderating hubungan antara corporate social responsibility (CSR) dengan nilai perusahaan.

Article Details

How to Cite
Nia, M. (2018). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas dan agency cost sebagai variabel moderating. MBR (Management and Business Review), 2(1), 27–40. https://doi.org/10.21067/mbr.v2i1.2042
Section
Articles

References

Dharmayanti, S. (1997). Pengaruh dividend payout ratio; earning per share, productivity ratio dan financial leverage terhadap nilai perusahaan. Airlangga University.

Effendi, M. A. (2016). The power of good corporate governance: teori dan implementasi. Jakarta: Salemba Empat.

Herliana, A. D. (2016). Pengaruh Free Cash Flow terhadap Kinerja Perusahaan melalui Agency Cost sebagai Variabel Antara pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga (JEBA), 26(3).

Kasmir, M. M. (2015). Analisis Laporan Keuangan, edisi pertama, cetakan pertama. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderating (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Perpustakaan FE UNDIP.

Lestari, H. M. (2015). Fidiana. 2015.“Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi.†Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(12), 1–19.

Liu, A. M., Irwansyah, I., & Fakhroni, Z. (2017). Peran agency cost reduction dalam memediasi hubungan antara corporate social responsibility dengan nilai perusahaan. FORUM EKONOMI, 18(2), 141–156.

Lobo, Y. P. A. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(8).

Permana, V. A., & Raharja, R. (2012). Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Karakteristik Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Puspaningrum, Y. (2017). Pengaruh corporate social responsibility dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 5(2).

Putra, S. H. C., & Subardjo, A. (2016). Pengaruh Tanggungjawab Sosial Perusahaan Terhadap Profitabilitas Dengan Variabel Moderasi Tata Kelola Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(6).

Ramadhani, A. R., Purnamawati, G. A., & Sujana, E. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1).

Rosiana, G., Juliarsa, G., & Sari, M. M. R. (2013). Pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(3), 723–738.

Stiaji, R. J., Diana, N., & Afifudin, A. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEI Tahun 2013-2015). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 6(06).

Suijantari, Y., & Putri, I. A. D. (2015). Analisis Pengaruh Agency Cost Pada Kecenderungan Income Smoothing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 13(2), 405–417.

Tristiarini, N. (2014). Peran Agency Cost Reduction, Kualitas Tata Kelola Perusahaan dan Risiko Pasar dalam Hubungan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan. Disertasi. Universitas Dian Nuswantoro.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. (2007).