Peran kepuasan pelanggan sebagai mediasi pengaruh citra merek terhadap kepercayaan merek

Main Article Content

Elin Ayu Seka

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan. Metode penelitian eksplanatori dengan pendekatan survey. Penelitian ini dilakukan di REI Adventure Store Malang, data dikumpulkan dengan cara penyebaran kuesioner pada 67 orang sebagai sampel, yang diambil mengunakan teknik Accidental sampling,   adapun analisis data yang digunakan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, citra merek dan kepercayaan merek berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Kemudian hasil analisis jalur menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh yang lebih besar secara langsung terhadap loyalitas pelanggan.

Article Details

How to Cite
Seka, E. A. (2020). Peran kepuasan pelanggan sebagai mediasi pengaruh citra merek terhadap kepercayaan merek. MBR (Management and Business Review), 4(1), 1–11. https://doi.org/10.21067/mbr.v4i1.3374
Section
Articles

References

Damayanti, C. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Produk “Supermi†di Kecamatan Genuk Semarang). In Thesis. Universitas Negeri Semarang.

Damayanti, C., & Wahyono, W. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image terhadap Loyalitas dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(3).

Dennisa, E. A., & Santoso, S. B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 997–1009.

Fajarianto, B., Lubis, N., & Saryadi, S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (studi kasus pada CV. AHASS Sahabat Sejati Motor Tembalang Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Griffin, R. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga. https://doi.org/10.1109/IEMDC.2003.1210404

Hasugian, J. T. (2015). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Telkomsel. Ejournal Ilmu Administrasi Bisnis, 3, 923–937.

Kiyani, T. M., Niazi, M. R. U. K., Rizvi, R. A., & Khan, I. (2012). The Relationship Between Brand Trust, Customer Satisfaction and Customer Loyalty. (Evidence From Automobile Sector of Pakistan). Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 4(1), 489–502.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran. In Jakarta: Erlangga. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market-Focused Management, 4(4), 341–370. https://doi.org/10.1023/A:1009886520142

Mudzakkir, M. F., & Nurfarida, I. N. (2015). The Influence of Brand Awareness on Brand Trust Through Brand Image. Proceeding International Conference on Accounting, Business & Economics.

Noegroho, O. A., Suharyono, & Kumadji, S. (2013). Pengaruh Experiential Marketing Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 1–7.

Nurfarida, I. N. (2016). Faktor-faktor yang Membangun Kepercayaan Pelanggan Mobil LCGC. Seminar Nasional Hasil Penelitian.

Nurfarida, I. N., & Dianawati, E. (2016). Kepercayaan Sebagai Mediasi Hubungan Corporate Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Low Mpv. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 12(3), 99–196.

Pramudyo, A. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Intervening (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta). Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(1).

Qalby, A. N., Munir, A. R., & Jusni, J. (2018). Pengaruh Relationship Marketing dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Astinet Segmen Bisnis PT. Telkom Witel Makassar). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(2), 61–72.

Saputri, M. E., & Pranata, T. R. (2014). Pengaruh brand image terhadap kesetiaan pengguna smartphone iphone. Jurnal Sosioteknologi, 13(3), 193–201.