Menganalisis permasalahan kredit macet pada Koperasi Simpan Pinjam

Main Article Content

Rachyu Purbowati
Suluh Agus Hendrawan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal penyebab kredit macet. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif,  menggunakan data primer dan data sekunder.  Hasil yang diperoleh bahwa analisis kredit macet disebabkan kurangnya pengawasan pihak manajer kurang telitinya kinerja dari semua karyawan, serta masih adanya rangkap jabatan yang tidak sesuai dengan job description. Penyebab faktor internal disebabkan oleh sumber daya manusia yang kurang kompeten, lemahnya sistem informasi dan pengawasan serta administrasi kredit, adanya campur tangan dalam keputusan kredit, ketidakmampuan dalam manajemen, suku bunga pinjaman, jangka waktu pinjaman, stabilitas penjualan, dan komitmen anggota koperasi pada perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak. Sedangkan faktor eksternal disebabkan karena adanya kegagalan atau musibah yang menimpa nasabah atau pihak koperasi, adanya itikad tidak baik dari pihak nasabah, adanya pinjaman kredit tanpa sepengetahuan pihak keluarga atau kerabat, adanya penyalahgunaan kredit oleh nasabah

Article Details

How to Cite
Purbowati, R., & Hendrawan, S. A. (2018). Menganalisis permasalahan kredit macet pada Koperasi Simpan Pinjam. MBR (Management and Business Review), 2(1), 1–15. https://doi.org/10.21067/mbr.v2i1.4612
Section
Articles

References

Abdurrahman, Y. (2010). Tinjauan Kritis Seputar Koperasi. Al-Azhar Press, Bogor.

Anoraga, P. (2007). Dinamika Koperasi. Rineka Cipta.

Hasibuan, S. P. (2008). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir, S. (2014). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi.

Noorhayati, E. S. (2010). Prosedur kredit dan upaya mengatasi kredit bermasalah pada PD. BPR BKK Jati Kudus. Diponegoro University.

Pratama, G. D. Y., Westra, I. K., & Purwanti, N. P. (2015). Penyelesaian Kredit Macet Pada KSU Tumbuh Kembang Pemogan–Denpasar Selatan. Universitas Udayana.

Rahmawati, J. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kredit Bermasalah Pada KSP Bangun Jaya Cab. Wonogiri. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rani, S. D. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kredit Macet pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Al-Anshari di Kota Bukittinggi (Didasarkan atas Persepsi Anggota Koperasi). Universitas Andalas.

Suarjaya, I. N., Cipta, W., & Zukhri, A. (2015). Analisis Penyelesaian Kredit Macet Pada Koperasi Pasar Srinadi Klungkung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Sucipto, A. (2015). Prediksi Kredit Macet Melalui Perilaku Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Dengan Menggunakan Metode Algoritma Klasifikasi C4. 5. Jurnal DISPROTEK, 6(1).

Syafriansyah, M. (2015). Analisis Sistem Dan Prosedur Pemberian Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam Sentosa Di Samarinda. Ejournal Ilmu Administrasi Bisnis.

Taswan, C. (2006). Manajemen Perbankan, Konsep, Teknik dan Aplikasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Utami, P. S., Zukhri, A., & Cipta, W. (2014). Analisis Sistem Pengendalian Intern Dan Penanganan Kredit Macet Pada Koperasi Kredit Swastiastu Singaraja Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).