Ekuitas merek berbasis pelanggan

Main Article Content

Nur Laily Hawa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian responden dan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan kuliah di STIE Indocakti Malang serta untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan mahasiswa kuliah di STIE Indocakti Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan penelitian verifikatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan kuesioner dan di  uji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekuitas merek STIE Indocakti Malang termasuk kategori tinggi dan juga untuk pengambilan keputusan pembelian juga termasuk kategori tinggi. Ekuitas merek STIE Indocakti Malang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen.

Article Details

How to Cite
Hawa, N. L. (2020). Ekuitas merek berbasis pelanggan. MBR (Management and Business Review), 4(1), 12–21. https://doi.org/10.21067/mbr.v4i1.4665
Section
Articles

References

Aaker, D. (2015). Aaker On Branding: 20 Prinsip Esensial Mengelola dan Mengembangkan Brand (edisi terjemahan). PT Gramedia Pustaka Utama.

Berry, L. L. (2000). Cultivating service brand equity. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(1), 128–137.

Davis, S. M. (2000). Brand asset management. Driving Profitable Growth through Your Brands. San Francisco.

Harwani, Y. (2017). Memahami Peran Ekuitas Merek Sebagai Keunggulan Bersaing Terhadap Pengambilan Keputusan dalam Pemilihan Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen, 21(3), 398–417.

Keller, K. L., & Lehmann, D. R. (2006). Brands and branding: Research findings and future priorities. Marketing Science, 25(6), 740–759.

Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2011). Essentials of marketing. Cengage Learning.

Nuryadin, M. T., Yunida, R., & Padli, P. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Kuliah di Politeknik Negeri Banjarmasin. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 102–104.

Pinassang, A. W., & Rahardjo, S. T. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Toshiba Di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 123–134.

Rido, F., Fathor, A. S., & Purnamawati, P. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Memilih Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. Competence: Journal of Management Studies, 13(1), 44–55.

Sari, R. R. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Melalui Kepercayaan Terhadap Aqua sebagai Variabel Intervening atau Perantara Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen di Yogyakarta.

Suharyani, K., Nuridja, I. M., & Haris, I. A. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1).

Wiastuti, R. D., & Kimberlee, S. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta. Jurnal Pariwisata, 5(2), 133–146.

Widhiarta, I. G. T. E., & Wardana, M. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(4).