Pengaruh E-Promotion, E-WOM dan lokasi terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening

Main Article Content

Dian Citaningtyas Ari Kadi
Hari Purwanto
Linda Dwi Ramadani

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of E-Promotion, E-WOM and location on consumer satisfaction through purchase decisions as intervening variables. The research used is quantitative research with a sample of 384 respondents. Using a 5-point Likert Scale and Path Analysis was used for analysis and hypothesis testing. The findings of this study indicate that E-Promotion, E-WOM and location have an effect on consumer satisfaction and purchase decisions. While other findings Purchase Decisions act as a mediation of the relationship between E-Promotion, E-WOM and location on consumer satisfaction. For further research, it is possible to enter the buying interest variable.

Article Details

How to Cite
Kadi, D. C. A., Purwanto, H., & Ramadani, L. D. (2021). Pengaruh E-Promotion, E-WOM dan lokasi terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening . MBR (Management and Business Review), 5(2), 224–238. https://doi.org/10.21067/mbr.v5i2.5833
Section
Articles

References

Abdelkader, O. A. (2017). Relevant Correlations among Reputation, WOM and e-WOM with Satisfaction of Distance Education. For Economic & Commerce, 47(2), 563–582. https://doi.org/10.21608/jsec.2017.40512

Adriansyah, D., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Go-Food Di Kota Bandung. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 3(3), 123–128.

Arifin, R., & Rachmadi, K. R. (2021). Analisis E-Service Quality, Harga dan E-Promotion Terhadap E-Customer Satisfaction. Inkubis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 133–151. https://doi.org/10.36418/ink.v3i2.32

Bailia, J. F. T., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan Di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1768–1780.

Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 17(02), 1–15.

Choerunnisa, L. (2019, June). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Online Shop Octopus Project Cimahi. Univ. Sangga Buana.

Efnita, T. (2017). Pengaruh variasi produk, kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada wedding organizer. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(2). https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i2.13162

Gozhali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gultom, P. (2020). Pengaruh Ekuitas Merek, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Quality Fried Chicken Jalan Ismaliyah Medan. Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya: Penelitian Ilmu Manajemen, 6(1), 44–53.

Husen, A., Sumowo, S., & Rozi, A. F. (2018). Pengaruh lokasi, citra merek dan Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian konsumen mie ayam solo bangsal jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 127–143. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i2.1757

Istanti, F. (2017). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja dan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya. Jurnal Bisnis & Teknologi, 4(1), 14–22.

Kartika, M., & Ganarsih, R. L. (2019). Analisis E-Wom, Online Shopping Experience dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen E-Commerce Shopee pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Riau. Tepak Manajemen Bisnis, 11(2), 289–307.

Kuspriyono, T. (2017). Pengaruh Promosi Online dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Sariayu Martha Tilaar. Jurnal Perspektif, 15(2), 147–154.

Lukman, M. D. (2014). Analisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen produk teh botol Sosro kemasan kotak. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1).

Mulyanto, A. (2021). Pengaruh Komunikasi Dari Mulut ke Mulut, Citra Perusahaan dan Lokasi Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening pada Nasabah Kupedes PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pandaan I – Kantor Cabang Pasuruan. Inovasi Manajemen, 1(1), 1–10.

Nurfarida, I. N., & Sudarmiatin, S. (2021). Use of social media marketing in SMEs: driving factors and impacts. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 2(16), 70–81. https://doi.org/10.26661/2522-1566/2021-1/16-06

Oktarina, D. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek, Motivasi Dan Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Konsumen. Derivatif: Jurnal Manajemen, 12(1), 9–15. https://doi.org/10.24127/jm.v12i1.253

Pasaribu, K. V, & Yuliawati. (2019). Pengaruh Dimensi Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara (JMD), 2(2), 99–112. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i2.439

Pramudita, A. S., & Agustia, R. E. (2020). E-Service Quality dan E-Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Website Traveloka. com. Competitive, 15(2), 106–114. https://doi.org/10.36618/competitive.v15i2.961

Puirih, K., Mananeke, L., & Lengkong, V. P. K. (2020). Fenomena Keputusan Pembelian Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Kepuasan Konsumen Tokopedia Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(3), 411–419. https://doi.org/10.35794/emba.v8i3.30237

Putra, S. P. A. M. (2017). Pengaruh E-Wom Terhadap Citra Destinasi, Kepuasan, dan Loyalitas (Studi pada kunjungan wisatawan di DIY). Modus, 29(2), 201–218. https://doi.org/10.24002/modus.v29i2.1331

Ren, X. Y. (2012). The Research of Improving the Customer Satisfaction Through Word of Mouth Marketing. Beijing: Capital University of Economics and Business Press.

Riduwan, & Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: CV. Alfabeta.

Sanny, L., Marselli, D., Effandi, R., & Simek, L. (2021). The Impact of Instagram E-Marketing in SME Fashion Industry on Customer Satisfaction. 2021 International Conference on Software Engineering & Computer Systems and 4th International Conference on Computational Science and Information Management (ICSECS-ICOCSIM), 43–46.

Saragih, B. (2020). Pengaruh Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Perumahan The Anggana PT Adhi Persada Property Jakarta. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Krisnadwipayana, 8(2), 21–31. https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.420

Sarwoko, E. (2018). Analisis Statistik Menggunakan SPSS 22. Malang: Media Nusa Creative.

Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1). https://doi.org/10.35794/emba.v7i1.22916

Shi, W., Tang, L., Zhang, X., Gao, Y., & Zhu, Y. (2016). How does word of mouth affect customer satisfaction? Journal of Business & Industrial Marketing, 31(3), 393–403. https://doi.org/10.1108/JBIM-07-2014-0139

Sindunata, I., & Wahyudi, B. A. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di Agoda.com. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(1), 128–138.

Sudarita, Y. M. I. M., & Tandyonomanu, D. (2020). Pengaruh E-WOM terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Survey Followers Aktif Akun@ Jelitacosmetic). Commercium, 3(1).

Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab. JAMIN: Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41–54.

Susilo, H., Haryono, A. T., & Mukery, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Berkunjung sebagai Variabel Intervening di Hotel Amanda Hills Bandungan. Journal of Management, 4(4), 1–20.

Swastha, & Basu. (2002). Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen (1 cetakan). BPFE.

Wariki, G. M., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. https://doi.org/10.35794/emba.3.2.2015.9286

Widodo, A., & Murwatiningsih, M. (2019). The Influence of Promotion and Trust on Customer Loyalty through Customer Satisfaction. Management Analysis Journal, 8(3), 265–274. https://doi.org/10.15294/maj.v9i3.33475

Yan, R. G. P. S., Repi, A., & Lumanauw, B. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di PT. Tridjaya Mulia Sukses Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1), 101–110. https://doi.org/10.35794/emba.v6i1.18831

Yang, Y., Mao, Z., & Tang, J. (2017). Understanding Guest Satisfaction with Urban Hotel Location. Journal of Travel Research, 57(2), 243–259. https://doi.org/10.1177/0047287517691153

Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 168–172.