MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA BERBASIS IT MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA SEMESTER IV IAIN TULUNGAGUNG MELALUI SIKLUS SELF REGULATED LEARNING

Main Article Content

Dewi Asmarani

Abstract

IAIN Tulungagung sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia berkewajiban turut serta mewujudkan generasi muda yang cerdas, bermoral, berakhlak, kreatif, komunikatif, toleran dalam kehidupan dan tidak gagap teknologi. Semakin pesatnya kemajuanTeknologi dan Informasi (IT) sangat berpengaruh terhadap perubahan kurikulum di IAIN Tulungagung. Salah satu kurikulum yang telah berhasil diwujudkan adalah munculnya matakuliah Pembelajaran Matematika Berbasis IT. Untuk mencapai tujuan dari matakuliah tersebut diperlukan strategi khusus dalam mengajar. Banyak kendala yang harus dihadapi oleh dosen ketika mengajarkannya. Sebagai contoh kurangnya sikap kemandirian mahasiswa dalam belajar atau sering kita sebut dengan Self Regulated Learning (SRL). Rendahya SRL mahasiswa ini berdampak pada rendahnya keterampilan juga nilai akademik mahasiswa. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan Pembelajaran Matematika Berbasis IT mahasiswa melalui siklus SRL. Siklus tersebut terdiri dari beberapa fase. Adapun fase-fase yang dimaksud adalah fase perencanaan (forethought), fase menampilkan (performance), dan fase refleksi (reflection). Berdasarkan masalah di atas penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun subjek penelitiannya adalah mahasiswa Semester IV A Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah lembar observasi, lembar tugas, dan lembar tes praktik. Dan hasil yang didapatkan sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya kemampuan akademik dan terampilnya mahasiswa dalam mengoperasikan berbagai macam software baru seperti Maple, Autoplay, Geogebra, Lectora Inspire, dan SPSS.

Article Details

How to Cite
Asmarani, D. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA BERBASIS IT MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA SEMESTER IV IAIN TULUNGAGUNG MELALUI SIKLUS SELF REGULATED LEARNING. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 82-90. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/2742
Section
Articles