PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KELAS VIII BERCIRIKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI STATISTIKA

Main Article Content

Soffie Kirana
Zuhrotun Nazihah

Abstract

Ketersediaan LKS matematika untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Pasuruanyang digunakan saat ini kurang menarik dan inovatif. Hal tersebut menjadikan siswa kurangaktif serta memaknai pembelajaran yang diterima. Oleh karena itu, perlu disusun dandikembangkan LKS yang berkualitas. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untukmenghasilkan LKS bercirikan RME yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yangdigunakan adalah model 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahapan yaitu: 1) pendefinisian(define), 2) perancangan ( design), dan 3) pengembangan (development). Berdasarkan analisisdata terhadap uji kevalidan LKS diperoleh 3,69. Hasil uji coba terhadap uji kepraktisan padaaktivitas siswa diperoleh 4,45 dan aktivitas guru 4,63. Dan hasil uji coba terhadap ujikeefektifan diperoleh rata-rata nilai akhir siswa adalah 87,87, sedangkan hasil analisis ujikeefektifan produk diperoleh 86,6%. Berdasarkan data tersebut maka produk yangdikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.

Article Details

How to Cite
Kirana, S., & Nazihah, Z. (2018). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KELAS VIII BERCIRIKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI STATISTIKA. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 124-130. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej/article/view/2747
Section
Articles