IDENTIFIKASI TINGKAT BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI SOAL OPEN ENDED

Authors

  • Dewi Wijayanti STKIP BINA INSAN MANDIRI
  • Evi Widayanti

DOI:

https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2925

Keywords:

Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat berpikir kritis siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika melalui soal open ended. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas VIII-B yang berjumlah 24 siswa di SMP Muhammadiyah 17 Surabaya bulan mei pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: subjek S1 dapat memberikan empat jawaban yang berbeda dan benar, sehingga  berdasarkan Tingkat Berpikir Kritis siswa berkemampuan matematika tinggi termasuk dalam kategori kritis. Subjek S2 mampu memberikan tiga jawaban yang berbeda dan benar, sehingga berdasarkan Tingkat Berpikir Kritis siswa berkemampuan matematika sedang termasuk dalam kategori cukup kritis. Sedangkan Subjek S3 hanya bisa memberikan satu jawaban yang berbeda dan benar, sehingga berdasarkan Tingkat Berpikir Kritis siswa berkemampuan matematika rendah termasuk dalam kategori tidak kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Foong, Pui Yee. (2009). Using short open ended mathematics question to promote thinking and understanding. Diambil dari Http://math.unipa.it/~grim/SiFoong.PDF.

Lestari, Sri dan Pradnyo Wijayanti. (2013). Proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika open ended ditinjau dari kemampuan matematika siswa dan perbedaan jenis kelamin pada materi kubus dan balok.Diambil dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/3901.pdf

Rahayu, Puji. (2016). Analisisproses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika tipe soal open ended materi bangun datar. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: STKIP-BIM.

Rohmatin, Novita Dian. (2014). Penerapan model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Suwasono, Sidik. (2016). Identifikasi tingkat berpikir kritis siswa SMPN1 Arjosari Pacitan dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Surabaya: Unesa University Press.

Warda, Asita. (2011). Proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika open ended di kelas viii-2 SMPAl-Falah Deltasari Sidoarjo. Skripsi tidak dipublikasikan Surabaya: UNESA.

Additional Files

Published

2019-04-01

How to Cite

Wijayanti, D., & Widayanti, E. (2019). IDENTIFIKASI TINGKAT BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI SOAL OPEN ENDED. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2925

Issue

Section

Articles