IDENTIFIKASI TINGKAT BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI SOAL OPEN ENDED
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2925Keywords:
Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat berpikir kritis siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika melalui soal open ended. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas VIII-B yang berjumlah 24 siswa di SMP Muhammadiyah 17 Surabaya bulan mei pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: subjek S1 dapat memberikan empat jawaban yang berbeda dan benar, sehingga berdasarkan Tingkat Berpikir Kritis siswa berkemampuan matematika tinggi termasuk dalam kategori kritis. Subjek S2 mampu memberikan tiga jawaban yang berbeda dan benar, sehingga berdasarkan Tingkat Berpikir Kritis siswa berkemampuan matematika sedang termasuk dalam kategori cukup kritis. Sedangkan Subjek S3 hanya bisa memberikan satu jawaban yang berbeda dan benar, sehingga berdasarkan Tingkat Berpikir Kritis siswa berkemampuan matematika rendah termasuk dalam kategori tidak kritis.
Downloads
References
Foong, Pui Yee. (2009). Using short open ended mathematics question to promote thinking and understanding. Diambil dari Http://math.unipa.it/~grim/SiFoong.PDF.
Lestari, Sri dan Pradnyo Wijayanti. (2013). Proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika open ended ditinjau dari kemampuan matematika siswa dan perbedaan jenis kelamin pada materi kubus dan balok.Diambil dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/3901.pdf
Rahayu, Puji. (2016). Analisisproses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika tipe soal open ended materi bangun datar. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: STKIP-BIM.
Rohmatin, Novita Dian. (2014). Penerapan model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Suwasono, Sidik. (2016). Identifikasi tingkat berpikir kritis siswa SMPN1 Arjosari Pacitan dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Surabaya: Unesa University Press.
Warda, Asita. (2011). Proses berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika open ended di kelas viii-2 SMPAl-Falah Deltasari Sidoarjo. Skripsi tidak dipublikasikan Surabaya: UNESA.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal