PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.21067/pmej.v5i2.7471Keywords:
model pembelajaran kooperatif, hasil belajar, berpikir kritisAbstract
Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan dalam suatu pembelajaran. Berpikir kritis adalah berpikir logis dan reflektif yang difokuskan pada pengambilan keputusan yang akan dilakukan, berpikir kritis merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pendidikan dan berpikir kritis merupakan kemampuan kognitif yang sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa dengan mengontrol kemampuan berpikiri kritis siswa di SMK Darul Ulum Kepuhdoko. Karakteristik berpikir kritis adalah orang yang berpikir kritis idealnya memiliki beberapa kriteria atau elemen dasar yang disingkat FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity and Overview).
Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X SMK Darul Ulum Kepuhdoko dengan sampel kelas X MM sebagai kelas eksperimen dan kelas X KI sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model kooperatif sedangkan kelompok control menggunakan model konvensional. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar tes. Sebelum digunakan, instrumen ini diuji reliabilitas dan validitasnya. Teknik analisis data menggunakan anakova.
Berdasarkan pengolahan data dan hasil analisis diperoleh output SPSS.25 yaitu nilai Sig 0,440. Hal ini berarti bahwa nilai sig (0,440) > α = (0,05) maka H0 diterima, sehingga dikatakan setelah dikontrol kemampuan berpikir kritis, tidak ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang mengikuti pembelajaran kooperatif dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Downloads
References
Bungsu, TK, dkk. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal On Education. Vol 1 (2), 328-329
Fridanianti, A, Purwati, H, Murtianto, YM. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 9 (1), 11-20
Huda, M. (2019). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Kalamu, LYL. (2019). Teori Belajar dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Bandung : Manggu Makmur Tanjung Lestari
Pertiwi, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 2 (4), 793-801
Priyadi, R, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), Vol 6 (1), 53-55
Rachmantika, AR, Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 439-443
Saraswati, PMS, Agustika, GNS. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol 4 (2), 257-269
Umam, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. JPMI : Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, Vol 3 (2), 57-61
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pi: Mathematics Education Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Pi: Mathematics Education Journal allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Pi: Mathematics Education Journal