SISTEM PAKAR PENENTUAN JURUSAN DI SMA DIPONEGORO TUMPANG DENGAN METODE FORWARD

NOFIAN KURNIAWAN NOFIAN KURNIAWAN

Abstract

ABSTRAK

Penentuan  jurusan  siswa  SMA  berpengaruh  terhadap  kegiatan  akademik siswa. Dengan adanya penjurusan, diharapkan setiap siswa dapat lebih fokus pada bakat  yang  dimiliki.  Keputusan  penentuan  jurusan  dibuat  oleh  pihak  guru BK. Tujuan dari skripsi  ini adalah membangun aplikasi penentuan jurusan di  SMA  Diponegoro Tumpang. 

Variabel  inputnya  adalah  nilai masing – masing jurusan,  Minat dan bakat, serta kemampuan akademik.  Variabel  outputnya  adalah jurusan IPA, IPS atau bahasa.  Dalam  skripsi  ini, menggunakan metode forward chaining untuk tes penjurusannya. Dari pengujian data output, diperoleh nilai output  IPA, IPS dan Bahasa.  Dari  ketiga nilai tersebut di ambil nilai terbesar sebagai acuan jurusan yang tepat untuk siswa.

Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi sistem pakar ini berguna untuk membantu dan mempermudah user dalam menentukan jurusan yang tepat sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan siswa.

 

Kata Kunci      : sistem pakar, Penentuan Jurusan Di  SMA Diponegoro Tumpang, forward      chaining

Authors

NOFIAN KURNIAWAN NOFIAN KURNIAWAN
syahminan@unikama.ac.id (Primary Contact)
NOFIAN KURNIAWAN, N. K. (2014). SISTEM PAKAR PENENTUAN JURUSAN DI SMA DIPONEGORO TUMPANG DENGAN METODE FORWARD. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/125
Copyright and license info is not available

Article Details