PROTOTYPE SISTEM PARKIR OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ATMEGA16

Vido Candra Yugasta Aditama Vido Candra Yugasta Aditama

Abstract

ABSTRAK

 

 

Aditama,Vido Candra Yugasta 2013. Prototype Sistem Parkir Otomatis Menggunakan Mikrokontroler At-mega 16. Tugas Akhir, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing : Amak Yunus EP, S.KOM.,M.Kom.

Kata kunci : Parkir,  Motor Servo,  Sensor Infra merah.

 

Berparkir adalah hal yang sering di jumpai dikehidupan sehari hari. kadang merupakan hal yang krusial untuk dicari solusinya agar dapat memberikan kepraktisan, keamanan dan kenyamanan bagi pengemudi kendaraan serta efisiensi penggunaan lahan parkir yang serba terbatas. Banyak waktu terbuang dan kadang cukup merepotkan hanya untuk mencari tempat parkir pada jam sibuk. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis memberikan solusi dengan merancang “Prototype Sistem Parkir Otomatis Menggunakan Mikrokontroler AT-mega 16†dengan adanya alat ini bisa memudahkan manusia dalam berparkir  tanpa harus bersusah payah untuk mencari tempat parkir  yang kosong tanpa harus membuang waktu dan tenaga.

Dengan menggunakan satu buah motor servo sebagai penggerak dan tiga buah sensor photodioda sebagai pendeteksi dan satu keypad dan satu buah lcd. Dengan adanya prototype alat parkir ini dapat membantu meringankan pekerjaan seseorang dalam berparkir, dan menjaga ketertiban serta keamanan dalam berparkir.

 

Authors

Vido Candra Yugasta Aditama Vido Candra Yugasta Aditama
syahminan@unikama.ac.id (Primary Contact)
Vido Candra Yugasta Aditama, V. C. Y. A. (2014). PROTOTYPE SISTEM PARKIR OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLLER ATMEGA16. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/130
Copyright and license info is not available

Article Details