SMART TOILET MENGGUNAKAN SENSOR PHOTODIODA DENGAN KONTROL OTOMATIS

FERDY PERDANA PUTRA POHAN FERDY PERDANA PUTRA POHAN

Abstract

ABSTRAK

 

Perdana, Ferdy Putra Pohan, 2013, Prototype Smart Toilet Menggunakan Sensor Photodioda Dengan Kontrol Otomatis. Tugas Akhir,Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi,Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing : Amak Yunus Eko Prasetyo, M.Kom

Kata kunci : Smart toilet, ATmega 16, solenoid valve, solenoid door lock, sensor hotodiode

Di Indonesia masih banyak toilet yang masih kurang efektif untuk menyiram kloset, pintu yang masih mengunci manual, dan parfum ruangan yang menghabiskan reffil untuk mengharumkan ruangan, dengan cara yang masih manual banyak kelalaian yang dilakukan oleh masyarakat setelah melakukan buang air besar dan buang air kecil di toilet umum maupun toilet pribadi.

Oleh karna itu di buatlah tugas akhir dengan judul “Prototype Smart Toilet Secara Otomatis Berbasis Mikrokontroller ATMega16â€atmega16 ini memiliki Port I/O sebanyak 32 buah yang terdiri dari PortA, PortB, PortC, dan PortD selain itu memiliki kapasitas memory 16 Kbyte (8bit). Cara kerja alat ini adalah saat menekan tombol pintu akan terbuka dan parfum akan menyemprot secara otomatis setelah seseorang masuk pintu tertutup dan akan mengunci secara otomatis sesudah melakukan buang air besar atau buang air kecil orang akan keluar pintu terbuka secara otomatis karena memakai sensor photodiode selang 3 detik orang keluar dari toilet selonoid valve akan mengeluarkan air secara otomatis begitupun juga parfum yang akan menyemprot otomatis karena mendapat tegangan arus listrik.

Prototype smart toilet ini dibuat untuk menanggulangi masyarakat yang masih sering lupa untuk menyiram, dan menciptakan toilet yang aman karena memakai selonoid door lock pada penguncinya, selain itu toilet memberikan kesan wangi serta menghemat reffil, karena sudah di program untuk menyemprot sesuai dengan kebutuhan.

Authors

FERDY PERDANA PUTRA POHAN FERDY PERDANA PUTRA POHAN
syahminan@unikama.ac.id (Primary Contact)
FERDY PERDANA PUTRA POHAN, F. P. P. P. (2014). SMART TOILET MENGGUNAKAN SENSOR PHOTODIODA DENGAN KONTROL OTOMATIS. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/150
Copyright and license info is not available

Article Details