SISTEM ABSENSI KELUAR MASUK SISWA DI SMK NEGERI 4 MALANG MENGGUNAKAN FINGERPRINT DAN SMS GATEWAY

MOCH.RIZKI FADILLAH MOCH.RIZKI FADILLAH

Abstract

ABSTRAK

Dalam usaha meningkatkan ketaatan akan peraturan yang ada dalam berbagai instansi khususnya sekolah sering terjadi kendala yakni pada Absensi siswa. Pada dasarnya absensi merupakan tolok ukur kedisiplinan, tetapi di setiap sekolah sering terjadi kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh siswa seperti tidak masuk sekolah tanpa keterangan, pulang sekolah tidak pada semestinya, membuat surat ijin palsu.

Menurut data absensi yang telahada di SMK Negeri 4 Malang selamadalamkurunwaktu 5 tahunterakhirinimengalamipeningkatanjumlahkealpaansetiaptahunnya. Kurangnyapengawasan orang tuaterhadapsiswa yang dikarenakansibukdalammencarinafkahmenjadipemicutindakkecurangan yang dilakukanolehsiswa.

Tujuan pembuatan sistem ini yaitu menurunkan tingkat kealpaan siswa dan meningkatkan kedisiplinan siswa.  Dengan didukung teknologi fingerprint dan sms gateway sebagai laporan harian keluar masuk siswa, diharapkan dapat mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh siswa orang tua/wali murid, hingga pengontrolan akan kedisiplinan melalui absensi akan tetap terjamin dan mengurangi banyaknya surat ijin palsu.

Kata Kunci : absensi keluar masuk,fingerprint, sms gateway

Authors

MOCH.RIZKI FADILLAH MOCH.RIZKI FADILLAH
syahminan@unikama.ac.id (Primary Contact)
MOCH.RIZKI FADILLAH, M. F. (2014). SISTEM ABSENSI KELUAR MASUK SISWA DI SMK NEGERI 4 MALANG MENGGUNAKAN FINGERPRINT DAN SMS GATEWAY. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/153
Copyright and license info is not available

Article Details