RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG RANGKA TUBUH MANUSIA UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS 3 DIMENSI

SHODIQ ANGGERIZAL NUGRAHA SHODIQ ANGGERIZAL NUGRAHA

Abstract

ABSTRAK

Anggerizal Nugraha, Shodiq. 2013. Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Tentang Rangka Tubuh Manusia Untuk sekolah Dasar Berbasis 3 Dimensi. Program Studi Sistem Informasi. Fakultas Teknologi Informasi. Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing : Moh. Sulhan, S.T., M.Kom.

Kata Kunci : Rangka Tubuh Manusia, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif.

Peranan teknologi multimedia memberi kesan yang besar dalam bidang komunikasi dan pendidikan karena bisa mengintegrasikan teks, grafik, animasi, audio, dan video. Beberapa guru di SDN Resapombo 05 Doko Blitar dan orang tua yang kesulitan dalam menangani anak-anak dalam hal belajar. Hal itu berakibat pada penerimaan informsi pelajaran menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu perangkat ajar yang akan membantu anak-anak dalam belajar. Dengan adanya multimedia yang diterapkan di dunia pendidikan, maka salah satu perangkat lunak yang sangat mendukung untuk penerapan media pembelajaran interaktif ini adalah adobe flash.

Dari hasil uji coba Media Pembelajaran Interaktif tentang rangka tubuh manusia untuk sekolah dasar ini layak untuk menjadi media pembelajaran, yang ditunjukkan dari data angket pada ahli materi dan user. Media ini membuat siswa Kelas 4 SDN Resapombo 05 Doko Blitar antusias untuk belajar dengan ditunjukkan dari hasil angket  yang didapat dari para siswa yaitu sebanyak 97% siswa menjawab bahwasanya media pembelajaran ini menarik dan membuat siswa senang belajar menggunakan media pembelajaran ini sehingga informasi pelajaran yang di dapat menjadi lebih maksimal.

Authors

SHODIQ ANGGERIZAL NUGRAHA SHODIQ ANGGERIZAL NUGRAHA
syahminan@unikama.ac.id (Primary Contact)
SHODIQ ANGGERIZAL NUGRAHA, S. A. N. (2014). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG RANGKA TUBUH MANUSIA UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS 3 DIMENSI. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/158
Copyright and license info is not available

Article Details