SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN INTEGRASI VALIDASI IJAZAH PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI GONDANGLEGI

AGUS CANDRA KURNIAWAN AGUS CANDRA KURNIAWAN

Abstract

ABSTRAK

Kurniawan, Agus Candra. 2013. Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru

Dengan Integrasi Validasi Nomor Ijazah Pada Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi. Tugas Akhir, Progam Studi Teknik Informatika. Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kanjuruhan Malang, Dosen Pembimbing: Wiji Setiyaningsih, S.Kom, M. Kom.

 

Kata kunci: penerimaan siswa baru, ijazah, danvalidasi

 

                Masa penerimaan siswa baru jenjang SMA, SMK, MA, sederajat merupakan serangkaian kegiatan yang harus ditempuh oleh setiap peserta didik jika inginmelanjutkan ke jenjang yang lebih lanjut, Madrasah Aliyah Negeri Gondanglegi (MANDAGI) perlu mempersiapkan penerimaan siswa baru dengan meningkatkanpelayanan pada intern sekolah agar memberikan kepuasan kepada calon siswa baru sehingga calon siswa baru dapat melakukan pendaftaran tanpa adanya keterikatan ruang dan waktu.

Dalam melakukan pendaftaran ke jenjang pendidikan yang lebih lanjut tentunya ijazah menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi bagipeserta didik, dengan berkembangnya tuntutan akan kevalidan terhadap ijazah sangat perlu untukditingkatkan dalam mencegah hal-hal yang tidakdiinginkan, bukan hal yang mustahil dengan kemajuan teknologi saat ini sesuatu bisa dirubah dan dimanipulasi dengan sempurna tanpa adanya kecurigaanterhadap dokumen/ijazah tersebut.

Oleh karena itu lahirnya ide atau gagasan yang dapat dijadikan sebagai rujukan untuk memberikan solusi yang tepat dan sesuaidengan keadaan yang adapada saat ini yakni dengan adanya konsep yang baik. Dengan disusunnya peningkatan pelayanan dalam pendaftaran peserta didik baru yang menggunakanpendekatan integrasi validasi nomor seri ijazah,akan dirasa sangat banyak membantuMadrasah Aliyah Negeri Gondanglegi Malang.Dalam hal-hal-hal yang erat berkaitan dengan forgery (pemalsuan) ijazah yang selama ini berkembang didunia pendidikan.

Authors

AGUS CANDRA KURNIAWAN AGUS CANDRA KURNIAWAN
syahminan@unikama.ac.id (Primary Contact)
AGUS CANDRA KURNIAWAN, A. C. K. (2014). SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN INTEGRASI VALIDASI IJAZAH PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI GONDANGLEGI. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/161
Copyright and license info is not available

Article Details