MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA KELAS IV PADA SD NEGERI KARANGANYAR 02 PAITON PROBOLINGGO

Yuni/Yusril Ardian Yusril Ardian

Abstract

1
MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA KELAS IV PADA SD NEGERI KARANGANYAR 02 PAITON PROBOLINGGO
Yusriel Ardian
Yuni Syarifatil Abdah
1Sistem Informasi, Universitas Kanjuruhan Malang, acilnet@yahoo.com
2Sistem Informasi, Universitas Kanjuruhan Malang, mungilntuniex@yahoo.co.id
Abstrak
Penerapan Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD kepada siswa merupakan satu dari beberapa bab pengajaran di SD. Proses penerapan mata pelajaran ipa kelas IV SD selama ini adalah dengan menggunakan metode klasikal yakni ceramah dan tugas dengan hanya menggunakan media berupa papan tulis dan buku pelajaran sehingga proses belajar mengajar tidak bervariasi atau monoton.
Pembuatan media pembelajaran ini dengan perancangan terlebih dahulu meliputi : analisis kebutuhan (requirement analist), analisis perencanaan yang meliputi pembuatan diagram pohon, pembuatan konteks diagram, pembuatan flowchart, pembuatan storyboard dan setelah itu diimplementasikan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS3.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa media interaktif mata Pelajaran IPA Kelas IV SD ini telah membantu meningkatkan kompetensi siswa.
Kata Kunci : Media Interaktif, Multimedia, IPA.

Authors

Yuni/Yusril Ardian Yusril Ardian
syahminan@unikama.ac.id (Primary Contact)
Yusril Ardian, Y. A. (2014). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN IPA KELAS IV PADA SD NEGERI KARANGANYAR 02 PAITON PROBOLINGGO. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/168
Copyright and license info is not available

Article Details