SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYULIT KEHAMILAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB

Trisna Beta Kuri Wardani Trisna Beta Kuri Wardani

Abstract

ABSTRAK

           

            Penderita penyulit kehamilan yang ada pada rumah sakit Permata Hati merupakan pasien yang memiliki ketidaktahuan akan bahaya dan apa itu penyulit kehamilan, Keluhan yang dirasakan pada ibu hamil dianggap hal yang wajar tanpa memeriksakan gejala yang dialami, hal ini memicu tingginya ibu hamil yang terdiagnosis penyulit kehamilan.

Dari tahun ketahun pada rumah sakit Permata Hati semakin tinggi jumlah penderita atau pasien  yang mengalami penyulit kehamilan sehingga deteksi dini penyulit kehamilan sangat diperlukan untuk meminimalkan jumlah penderita pada rumah sakit tersebut,

                         Peranan komputer sangat diperlukan untuk menyediakan informasi dengan cepat, tepat dan akurat. Salah satunya adalah perkembangan sistem pakar (Expert System) yang merupakan   terobosan terbaru dalam dunia komputer. Pakar dalam sistem pakar yang dibangun adalah ahli spesialis dan kondisi yang digunakan untuk mengambil penghitungan kesimpulan dari gejala dan kategori peresiko penderita.

Dari uraian tersebut maka dirancanglah“Sistem Pakar diagnosa Penyulit Kehamilan Mneggunakan Metode Forward Chaining Certainty Factor Berbasis Webâ€.

Kata Kunci : Sistem Pakar,Certainty factor, Forward Chaining.

Authors

Trisna Beta Kuri Wardani Trisna Beta Kuri Wardani
syahminan@unikama.ac.id (Primary Contact)
Trisna Beta Kuri Wardani, T. B. K. W. (2014). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYULIT KEHAMILAN MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/169
Copyright and license info is not available

Article Details