PENGEMBANGAN TOOLS EKSPRESI WAJAH DENGAN TEKNIK BLEND SHAPE PADA BLENDER 2.64

Sukmo Hadi Prasojo Sukmo Hadi Prasojo

Abstract

ABSTRAK

 

            Film dalam bentuk apapun tidak pernah lepas dari masalah ekspresi. Begitu juga dengan produksi animasi 3 dimensi, dimana berbagai ekspresi harus disediakan bank ekspresi terlebih dahulu untuk dibentuk dan dianimasikan oleh animator.

            Ekspresi akan lebih meyakinkan dan berkualitas jika sistem yang digunakan dapat menagkap pergerakan wajah manusia, dan jika diimplementasikan dapat menghasilkan ekspresi yang bervariasi. Salah satu cara membuat bank ekspresi adalah dengan menggunakan teknik blend shape. Kualitas ini akan semakin baik jika didukung dengan tools  ekspresi agar dapat mempermudah proses produksi animasi 3D.

            Dari analisa yang dilakukan secara sederhana dengan mengamati pergerakan wajah manusia dan berdasar literatur yang mendukung, akan dihasilkan blend shape set yang tertuang dalam bentuk karakter siap animasi.

            Dari pembahasan ini diharapkan dapat membantu menambah kualitas animasi dan mempercepat proses produksi animasi 3D yang dihasilkan, terutama pada faktor ekspresi karakter.

 

Kata Kunci: ekspresi wajah, blend shape, tools  ekspresi, produksi animasi 3D

 

Authors

Sukmo Hadi Prasojo Sukmo Hadi Prasojo
Sukmo@unikama.ac.id (Primary Contact)
Sukmo Hadi Prasojo, S. H. P. (2014). PENGEMBANGAN TOOLS EKSPRESI WAJAH DENGAN TEKNIK BLEND SHAPE PADA BLENDER 2.64. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/172
Copyright and license info is not available

Article Details