SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU SMP ANGKASA SINGOSARI BERBASIS WEB

Agus Yulianto. Agus Yulianto.

Abstract

ABSTRAK

 

Pendaftaran Peserta Didik Baru merupakan suatu proses administrasi yang terjadi setiap tahun untuk seleksi calon siswa berdasarkan nilai akademik agar dapat melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Proses pendaftaran siswa pada SMP Angkasa Singosari mulai dari proses pendaftaran, konfirmasi, serta pengumuman  penerimaan siswa masih ditangani dengan cara pengisian data administrasi kelengkapan calon siswa baru dilakukan di kantor kesekretariatan penerimaan peserta didik baru. Tentunya calon didik baru yang akan melakukan pendaftaran diharuskan datang langsung untuk melengkapi data pendaftaran. Disisi lain panitia pendaftaran peserta didik baru melakukan pengecekan terhadap data pendaftar untuk memastikan apakah persyaratan sudah dilengkapi dengan benar atau tidak. Hal tersebut menimbulkan kendala / masalah yang dihadapi oleh pihak SMP Angkasa Singosari yaitu timbulnya kesalahan dalam pengelolaan data pendaftar, sulitnya calon didik baru untuk melakukan pendaftaran, dan informasi yang lambat dan tidak akurat kepada orang yang membutuhkannya.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Kepala SMP Angkasa Singosari menginginkan adanya pembuatan sistem secara online. Mulai dari pendaftaran, konfirmasi dan pengumuman. Sistem ini nantinya akan meminimalisir kesalahan pengolahan data pendaftar, mempercepat calon didik baru untuk mendaftar, dan mempercepat informasi yang akurat kepada yang memerlukannya.

 

Kata Kunci : Sistem Informasi, Pendaftaran Peserta Didik Baru, Website.

 

Authors

Agus Yulianto. Agus Yulianto.
agus@unikama.ac.id (Primary Contact)
Agus Yulianto., A. Y. (2014). SISTEM INFORMASI PENDAFTARAN PESERTA DIDIK BARU SMP ANGKASA SINGOSARI BERBASIS WEB. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/176
Copyright and license info is not available

Article Details