SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PENYIAR RADIO CAKRA BUANA (RCB FM) MALANG MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

DEVITA PUTRI DEVITA PUTRI

Abstract

Putri, Devita. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Penyiar Radio Cakra Buana (RCB FM) Malang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing : Wiji Setiyaningsih, S.Kom, M.Kom.

 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Penerimaan Penyiar, AHP

 

Proses penerimaan penyiar di Radio Cakra Buana (RCB FM) mengalami kesulitan dalam hal memilih calon penyiar yang tepat. Hal ini dikarenakan besar kemungkinan terjadi subyektifitas keputusan yang berdampak pada penyiar yang terpilih nantinya bukan berdasarkan dari kemampuan yang dimiliki, sehingga mengakibatkan pendengar memberikan respon negatif kepada radio, karena yang menilai kualitas seorang penyiar yang sudah on air membawakan materi di radio adalah pendengar. Hal tersebut berakibat menurunnya kualitas siaran radio itu sendiri, sehingga rating dengar radio pada masyarakat pun ikut mengalami penurunan.

            Oleh karena itu diperlukan suatu sistem pendukung keputusan untuk penerimaan penyiar dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process berdasarkan kriteria-kriteria yang ada, antara lain : disiplin waktu, penguasaan bahasa, pengalaman di bidang broadcasting, hasil tes pengetahuan, hasil tes wawancara, dan hasil tes vocal. Dengan metode AHP ini pihak pimpinan radio berharap agar bisa memilih penyiar yang tepat.

Hasil kesimpulan dari sistem pendukung keputusan ini terbukti dapat mengurangi subyektifitas keputusan dalam mempertimbangkan pendapat pendukung keputusan dalam penerimaan calon penyiar yang memenuhi kriteria-kriteria yang ada.

Authors

DEVITA PUTRI DEVITA PUTRI
putri_devita1612@yahoo.com (Primary Contact)
DEVITA PUTRI, D. P. (2014). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN PENYIAR RADIO CAKRA BUANA (RCB FM) MALANG MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/179
Copyright and license info is not available

Article Details