Purwarupa Pengukur Kadar Air pada Genteng Basah Berbasis Mikrokontroler AT89S51

Ike T Ike Tina/syahminan

Abstract

Kata kunci : Genteng, Sensor Konduktivitas, Kadar air, Setting Batas.

 

            Kadar air yang seragam dan berkualitas akan berpengaruh pada kualitas genteng yang diproduksi. Produsen hanya mengandalkan insting untuk mengetahui nilai kadar air, tetapi hal ini tidak efektif karena tidak ada ukuran baku.

Harga alat di pasaran relatif mahal, tidak sesuai dengan hasil produksi yang didapatkan. Alat pengukur kadar air yang ada di pasaran hanya bisa digunakan untuk melakukan pengukuran.

Peneliti membuat “Purwarupa Alat Pengukur Kadar Air pada Genteng Basah Berbasis Mikrokontroler AT89S51†untuk memudahkan manusia terutama produsen genteng untuk melakukan pengukuran guna mendapatkan kadar air yang seragam dan hasil produksi yang berkualitas.

Alat ini bekerja dengan menyimpan setting batas dan membandingkan kadar air dengan setting batas yang telah dimasukkan dan tersimpan dalam memori yang pada akhirnya ditampilkan pada LCD dan LED indikator menyala.

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

 

The moisture of tile that is the same and qualified will affect the quality of the tile production. The manufacturers rely on the instinct to determine water content, but this is not effective because there is no standard size.

Prices are relatively expensive on the market, this is not the same with the obtained production results. The water level gauges on the market can only be used to take the measurements.

The researcher uses “Purwarupa Alat Pengukur Kadar Air pada Genteng Basah Berbasis Mikrokontroler AT89S51†to make easier people especially tile manufacturer to taking measurements in order to obtain the same moisture content and quality production.

This tool works by storing setting limit and comparing moisture content limits by setting the limit that has entered and stored in memory, which is finally displayed on the LCD and LED indicator lights up.

 

Keywords: tile, Conductivity Sensors, Water content, Setting Limits.

 

Authors

Ike T Ike Tina/syahminan
ike@unikama.ac.id (Primary Contact)
Ike Tina/syahminan, I. T. (2015). Purwarupa Pengukur Kadar Air pada Genteng Basah Berbasis Mikrokontroler AT89S51. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/224
Copyright and license info is not available

Article Details