SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN REKENING AIR BULANAN BESERTA AUTOREPLY SMS PADA HIPAM MANGGA DUA PAKISAJI KAB. MALANG

Dias Adi Prayuga Fidelis Agus Priyambodo

Abstract

ABSTRAK
Dalam  Kantor  Sekretariat Hipam Mangga Dua Desa Segenggeng Pakisaji,
penggunaan teknologi komputer  masih belum  terlaksana dengan baik khususnya dalam
hal pelayanan administrasi  pembayaran rekening air bulanan.  Dalam rangka
meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada  masyarakat maka bagian sekretariat
Hipam Mangga Dua membutuhkan suatu sistem informasi pembayaran yang dapat
mengolah data pelanggan dengan cepat dan terperinci. Karena saat ini dalam
operasional sehari-hari petugas masih menggunakan sistem perhitungan dan pencatatan
data yang masih manual sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam
perhitungannya. Oleh karena itu, dengan adanya sistem informasi pembayan air bulanan
ini diharapkan dapat dimanfatkan untuk mempermudah dan memaksimalkan proses
perhitungan serta peningkatan pelayanan terhadap pelanggan. Selama ini proses
pembayaran rekening air tidak dapat terekam dan tersimpan secara terperinci, sehingga
sering terjadi kehilangan data dan kesalahan dalam perhitungan.
Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah Merancang dan mengaplikasikan
sebuah perangkat lunak sistem informasi pembayaran rekening air bulanan beserta
autoreply sms total tagihan  sehingga pembayaran  rekening air bulanan  dapat lebih
maksimal.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Pembayaran Rekening,Autoreply SMS
ABSTRACT
In office secretariat of Hipam Mangga Dua Pakisaji. Use of computer technology
still has not well done, espesially mterms of administrative services monthly of water bill
payments. In order to enhance better service to the community secretariat, Hipam
Mangga Dua requires an information system that can process payments quickly and
customer data in detail. Because at this time the daily operations officer calculation
system still  uses the manual recording of data and thus requires a long time in the
calculation. Therefore, the presence of this system is expected to be used to facilitate and
maximize the calculation process as well as improving customer service. During this
process,  the water bill payments can’t be recorded and stored in detail, so that frequent
data loss and errors in calculation.
The purpose of making this application is to design and apply a software
information system monthly of water bill payments with autoreply sms totaled bill so that
the monthly water bill payments can be a maximum.
Keywords :  Information System, Bill Payment,autoreply SMS

Authors

Dias Adi Prayuga Fidelis Agus Priyambodo
syahminan@unikama.ac.id (Primary Contact)
Fidelis Agus Priyambodo, D. A. P. (2015). SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN REKENING AIR BULANAN BESERTA AUTOREPLY SMS PADA HIPAM MANGGA DUA PAKISAJI KAB. MALANG. BIMASAKTI : Jurnal Riset Mahasiswa Bidang Teknologi Informasi, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JFTI/article/view/276
Copyright and license info is not available

Article Details